Resep: Udang Telur Asin

Saya suka banget masakan yang dikasih saus telur asin, cumi, udang, bahkan tahu. Masakan yang dikasih telur asin itu gimana ya… gurih enak bangetnya beda gitu. Pokoknya tiap ke resto yang ada menu saus telur asinnya, saya biasa pesen itu. Contohnya Ta Wan, resto yang makananya kebanyakan seafood ini saya suka udang telur asinnya. Sama ada juga sih beberapa resto favorit saya di Jakarta Utara yang dulu saya suka mampir bareng teman-teman atau pesan via gojek karena pengin masakan seafood saus telur asinnya.

Nah pas di rumah, saya lagi pengin makan ini cuma batal melulu, kalau pas makan diluar jatuhnya malah pengin makan yang lain lagi. Beneran deh sama sekali belum ada kesempatan untuk makan makanan ini.

Eh ternyata seorang teman saya, Shella sedang share resep udang saus telur asin ini di akun instagramnya @shellaamadea. Duh kok jadi pengin eksekusi ya soalnya pas banget di kulkas ada udang dan ada telor asin meskipun cuma dua butir doang. Soalnya biar kata penggemar saus telur asin tapi saya nggak doyan makan telur asin baik bulet-bulet atau dimakan bareng lauk langsung gitu.

Nggak sama plek sih kayak yang di share Shella soalnya bener-bener cuma pakai yang ada aja dalam kulkas dan beberapa modifan. Tapi intinya tetep pakai resep dia. Ini detailnya:

Bahan-bahan:

Udang, kupas kepalanya dan sisakan buntut, bersihkan

1 sendok teh garam

setengah sendok teh merica

tepung maizena untuk lapisan (banyaknya tergantung banyak udang yang kita pakai. Kalau saya sekitar 8 sendok makan)

3 kuning telur asin, haluskan (saya pakai 2 karena memang adanya di kulkas cuma 2)

75 ml air

1 sendok teh kaldu bubuk ayam (saya pakai Royco)

setengah sendok makan gula pasir (saya pakai setengah sendok teh)

2 sendok makan margarin

bawang putih cincang

daun bawang iris (saya nggak pakai karena daun bawang lagi abis)

Cara membuat:

  1. Larutkan sedikit air dengan garam dan merica, lumuri udang yang udah dibersihkan tadi dengan larutan garam dan merica ini. Biarkan kira-kira 5-10 menit.
  2. Campur kaldu bubuk dengan air, sisihkan
  3. Balut udang dengan tepung maizena sampai rata
  4. Goreng udang yang sudah dibalur tepung maizena dalam minyak panas hingga tepung kering, angkat kemudian tiriskan
  5. Tumis cincangan bawang putih bersama dengan 2 sendok makan margarin sampai wangi aromanya
  6. Masukkan kuning telur asin dan larutan air kaldu ayam ke dalam tumisan
  7. Aduk hingga rata, ambil dan masukkan gula pasir dan irisan daun bawang.
  8. Masukkan udang balur tepung yang sudah digoreng tadi
  9. Aduk dengan saus telur asin hingga minyaknya sedikit keluar
  10. Sajikan, lebih enak selagi hangat

Makan ini bareng nasi anget enak banget, gurih-gurih gemes dan rasanya manjain lidah. Resepnya gampang banget dan anti gagal, jadi bisa untuk resep praktis menu masakan hari ini kalau kita lagi males masak-masak yang susah buat cuaca yang ademnya bikin mager ini. Pertama nyoba langsung sukses dan enak, terus ketagihan buat masak lagi terus. Pokoknya asal ada telor asin sama udang di kulkas. Gara-gara enak dan keasikan bikin sendiri terus rasa juga memuaskan, kemarin pas saya lunch bareng Monik di sebuah resto yang punya menu udang telur asin.. beuh kerasa bener bedanya. Enakan bikinan sendiri di rumah jauh, lebih gurih dan wangi bikin pengin nambah nasi terus :p

Penasaran gimana enaknya? Hayuklah dicobain bikin.

Saya pengin nyoba kalau diganti tahu enak juga nggak, tapi belum sampek nyobain kalau tahu telor asin pakai resep yang sama jadinya gimana. Hehe, nanti di update lah kalau udah nyobain versi tahu atau lauk lain yang dimasak pakai saus telur asin 😉

 

Related posts

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *