Diganggu Radang Tenggorokan kala Weekend

Kemarin ketika weekend seperti biasanya lebih suka menghabiskan waktu dengan diri sendiri atau dengan suami. Nah kebetulan kemarin tempat yang kami kunjungi adalah kolam renang. Ketika memasuki kolam renang kami diberikan welcome drink beserta handuk secara cuma-cuma. Bisa dibayangkan betapa segarnya meminum orange juice setelah atau sebelum berenang.

Kami memilih meminum orang juice tersebut setelah renang untuk menyegarkan tenggorokan.

Namun setelah beberapa tegukan saya merasa ada yang aneh. Sepertinya orange juice tersebut mengandung pemanis buatan atau ada sesuatu yang membuat tenggorokan saya terganggu. Tetapi suami cerita tidak mengalami apa yang saya keluhkan. Jadi saya tidak terlalu memikirkannya mungkin saya yang sedang tidak enak badan.

Selang beberapa hari saya masih merasakan hal yang sama bahkan saya mengalami gejala yang lain seperti batuk, demam dll.

Setelah merasa terganggu dan ngobrol dengan suami tentang rasa nggak nyaman di tenggorokan, ternyata saya terkena radang tenggorokan. Saya mulai flashback dan mengaitkan penyebab radang tenggorokan saya ini dengan minum orange juice beberapa yang lalu.

Seperti pendapat orang awam lainnya, saya merasa tenggorokan saya terganggu semenjak saya meminum orange juice tersebut. Namun hal tersebut mungkin salah. Ada penyebab-penyebab lain yang membuat seseorang sakit radang tenggorokan. Berikut saya uraikan beberapa penyebab radang tenggorokan. Mencegah lebih baik daripada mengobati bukan?

1. Merokok

Merokok ternyata bisa menjadi salah satu penyebab seseorang menderita radang tenggorokan. Saya bukan perokok tetapi ternyata perokok pasif bisa terkena dampak dari asapnya. Jadi lebih baik hindari lingkungan yang terpapar asap rokok karena selain dapat menyebabkan radang tenggorokan juga dapat merusak kesehatan.

2. Konsumsi minuman dan makanan terlalu panas

Meminum dan memakan sesuatu dengan keadaan yang terlalu panas dapat membuat iritasi pada tenggorokan. Karena terjadinya iritasi tersebut, menyebabkan terjadinya radang tenggorokan. Jangankan iritasi di organ bagian dalam, ketika kita meminum dan memakan sesuatu dalam keadaan yang terlalu panas, lidah akan sebah dan sakit bukan? Oleh sebab itu sebelum memasukkan sesuatu kedalam mulut, sebaiknya periksa dulu suhunya dengan menggunakan tangan atau cicipi sedikit terlebih dahulu untuk memastikan apakah suhunya aman untuk dapat dikonsumsi.

3. Kurang minum air

Penyebab selanjutnya seseorang dapat mengalami radang tenggorokan adalah karena kekurangan air atau dehidrasi. Tubuh manusia normal membutuhkan sekitar delapan gelas air atau 1,5 L air dalam satu hari. Oleh sebab itu ketika cairan yang masuk ketubuh kurang tetapi konsumsi makanan tidak sehat kita berlebihan maka radang tenggorokan adalah salah satu akibat dari kurangnya asupan air putih.

Beberapa penyebab radang tenggorokan tersebut semoga membantu kalian supaya dapat menghindari radang tenggorokan sebelum terkena.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *