Aloe Vera dan Momen Rutin Hari Minggu


Dulu sewaktu masih kecil, saya, adik dan bapak selalu memiliki momen rutin di hari minggu atau hari libur sekolah. Momen rutin yang saya maksudkan tersebut adalah menggunakan lidah buaya atau aloe vera untuk rambut kami.

Di rumah kami ada aloe vera yang sengaja ditanam untuk digunakan sebagai kebutuhan keluarga. Saya saat itu hanya tau bahwa aloe vera dapat membuat rambut menjadi subur tanpa tau fungsi lainnya.

Namun ternyata aloe vera ini memiliki manfaat yang banyak untuk kesehatan lho. Aloe vera sendiri memiliki 200 bahan aktif seperti misalnya asam amino, mineral, vitamin dan enzim yang seringkali membuat aloe vera menjadi bahan baku pembuatan sabun cuci piring.

Banyak ya manfaatnya, makanya saya akan memaparkan beberapa manfaat aloe vera, seperti:

1. melembutkan tangan

Aloe vera mengandung air sebanyak 90% yang dapat melembabkan kulit. Dengan menggunakan aloe vera tangan akan menjadi halus dan elastisitas kulit terjaga jadi dapat membuat kulit tampak lebih muda. Manfaat aloe vera tersebut dapat kita dapatkan dengan mengoleskan secara langsung aloe vera ke tangan dengan lembut dan diamkan selama kurang lebih 10 menit kemudian bilas dengan air bersih. Namun mungkin hanya beberapa orang saja yang memiliki aloe vera di rumahnya, tapi nggak perlu cemas karena aloe vera dapat ditemukan di kandungan krim perawatan atau sabun pencuci piring seperti Sunlight Clean and Soft yang mengandung aloe vera jadi tidak hanya membersihkan kotoran di piring tetapi juga dapat melembutkan tangan kamu.

2. Menjaga kesehatan rambut

Khusus manfaat aloe vera yang satu ini merupakan poin yang selama ini telah saya aplikasikan. Mengapa aloe vera dapat membuat rambut subur dan terhindar dari kerontokan adalah karena aloe vera memiliki anti mikroba yang dapat mengatasi infeksi pada kulit kepala. Selain itu aloe vera mengandung vitamin dan mineral yang bagus untuk kesehatan rambut. Untuk pengaplikasiannya adalah dengan menggosokkan aloe vera ke kulit kepala dan mendiamkannya selama 10-30 menit untuk kemudian dibilas dnegan air bersih dan lanjutkan dengan keramas seperti biasa.

3. Meningkatkan kekebalan tubuh

Kandungan polisakarida di dalam aloe vera dapat membantu meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh. Aloe vera mengandung vitamin C dan antioksidan yang bisa sebagai sistem pertahanan tubuh dari serangan virus, bakteri, dan penyakit lainnya. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, lidah buaya dapat diolah menjadi minuman atau cari minuman yang mengandung aloe vera.

Beberapa ulasan diatas merupakan beberapa manfaat aloe vera untuk dapat diaplikasikan di rumah. Ternyata banyak ya manfaat aloe vera dan kalau nggak salah ingat, dari cerita seorang teman hasil olahan aloe vera ini merupakan salah satu buah tangan dari daerah tertentu juga. Selain memiliki banyak manfaat juga memiliki nilai ekonomi yang tinggi ya.

Pernah memanfaatkan aloe vera juga?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *