Menilik Kelebihan dan Harga Green Coffee

Minuman hangat yang berasal dari rempah-rempah merupakan minuman favorit banyak orang di Indonesia. Hal ini berkaitan dengan komoditi sumber daya alam Indonesia sendiri yang kaya akan hasil bumi diantaranya adalah rempah kopi. Berbagai jenis biji kopi dihasilkan di bumi khatulistiwa ini. Namun saat ini ada jenis kopi baru yang menurut penelitian lebih menyehatkan dibandingkan dengan biji kopi yang sebelumnya dijadikan minuman. Biji kopi hijau atau biasa disebut green coffee inilah yang memiliki khasiat anti oksidan jauh lebih tinggi dari biji kopi hitam. Harga green coffee menjadi lebih mahal dibanding kopi hitam karena khasiatnya yang banyak dicari masyarakat. Apa saja kelebihan kopi hijau ini?

Biji kopi hijau sebenarnya berasal dari biji kopi yang sama dengan kopi hitam. Yang membedakan hanya cara pengolahannya saja. Jika kopi hitam diolah melalui proses pemanggangan, maka biji kopi hijau diolah tanpa proses tersebut. Proses pemanggangan sendiri ternyata menyebabkan kandungan zat aktif pada kopi yang disebut zat klorogenat menjadi lebih sedikit. Zat klorogenat adalah anti oksidan aktif yang banyak terdapat pada biji kopi. Dengan melewati proses pemanggangan itulah biji kopi hijau dapat memiliki zat klorogenat jauh lebih banyak dari pada biji kopi hitam.

Dengan kandungan zat klorogenat yang tinggi, biji kopi hijau memiliki berbagai kelebihan dibandingkan biji kopi hitam, diantaranya:

  1. Menurunkan berat badan sehingga baik untuk minuman diet.
  2. Menurunkan tekanan darah tinggi.
  3. Meningkatkan kinerja tubuh, fokus pikiran dan memperbaiki mood.
  4. Mengurangi efek radikal bebas pada tubuh sehingga aktif sebagai pencegah kanker.

Dengan berbagai kelebihan yang dimiliki kopi hijau, saat ini harga green coffee dijual dengan nominal Rp. 100.000 per 100 gram. Biasanya dikemas secara langsung dalam bentuk biji kopi asli sehingga dapat diolah sendiri sesuai selera pembelinya. Namun ada juga biji kopi yang dijual dalam bentuk serbuk dengan harga Rp. 100.000 per kemasan.

Kopi pada dasarnya memiliki zat aktif yang menstimulasi tubuh baik pada otak maupun otot. Hal tersebut tak terkecuali pada kopi hijau. Seperti kopi hitam, kopi hijau juga dapat digunakan untuk minuman penambah stamina atau pengusir kantuk. Sebagaimana kopi hitam juga, konsumsi kopi hijau yang terlalu banyak juga dapat mengakibatkan gangguan kesehatan seperti:

  • Diabetes
  • Diare
  • Gangguan kecemasan
  • Gangguan irama jantung
  • Kolesterol
  • Kekurangan kalsium
  • Susah tidur

Karena itu, jika kamu ingin mengkonsumsi kopi hijau sebagai minuman kesehatan, ada baiknya mengkonsultasikan terlebih dahulu mengenai takaran yang pas sehingga tidak mengalami over konsumsi. Takaran konsumsi kopi hijau sebaiknya tidak melebihi 480 gram per hari. Atau bisa membatasinya dengan kadar yang paling aman yaitu 200mg per hari. Selain menjadi minuman kopi, kamu juga bisa mencampurkan bubuk kopi hijau di adonan kue atau sebagainya lho, tentu saja kalau kamu menyukainya.

Itulah beberapa kelebihan dan harga green coffee yang sedang menjadi trend minuman kesehatan saat ini. Bagi kamu pecinta minuman kopi maka ada baiknya mencoba green coffee ini apalagi kalau kamu mengalami gangguan kesehatan yang dapat dibantu dengan mengkonsumsi kopi hijau. Nah jika kamu mengenal seseorang yang memiliki perkebunan kopi, maka mungkin kamu dapat membeli bijih kopi langsung dari sana sehingga mendapatkan harga yang murah serta biji kopi asli yang lebih aman untuk dikonsumsi jangka panjang.

Sudah pernah nyobain kopi hijau ini?

Related posts

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *