4 Tips Happy Belanja Online

Belanja merupakan hal yang tidak pernah lepas dari seorang dengan gender female ya. Punya atau tidak punya uang yaa wajib belanja walaupun cuma mampir beli minuman misalnya. Kalau tidak punya uang tetapi pengen cuci mata terus harus gimana dong? Jangan khawatir ladies kamu masih bisa melakukan window shopping atau membuka web online shop terpercaya. Walaupun nyesek tidak bisa beli tetapi yang penting mata kamu tetap bisa dimanjakan dengan deretan barang yang bikin mata berkilauan.

Tips diatas bisa jadi merupakan tips bagi kalian yang tidak memiliki uang atau sedang dimasa tanggal tua. Nah bagi kalian yang sedang memiliki uang berlebih dan menginginkan belanja tentu tips itu tidak berlaku ya. Tetapi namanya juga wanita, sebanyak apapun uangnya pasti tetap kalap. Lalu apa saja hal yang perlu dilakukan wanita sebelum belanja? Check it out ladies…

#1 Bikin wishlist

Membuat wishlist itu tidak cuma berlaku bagi dreamer kok. Membuat wishlist merupakan hal yang wajib untuk wanit sebagai control dalam mengatur keuangan. Lalu bagaimana cara membuat wishlist? Kamu cukup membuat daftar atau list barang yang kamu perlu pada saat kamu menerima uang atau saat gajian. Semisal bulan April kamu butuh lipstick, tas selempang, baju kemeja, celana kerja dan kabel usb untuk handphone. Nah kemudian kamu list dari yang paling dibutuhkan hingga yang tidak terlalu dibutuhkan kemudian ketika akan membeli barang-barang tersebut jangan lupa membawa catatannya agar dapat membantu kamu mengingat dan menjadi remote control ketika kamu menginginkan hal atau barang lain diluar wishlist.

#2 Hitung dulu

Bikin wishlist sih sudah tapi tetap saja uang saya jebol juga pada akhirnya. Baru tanggal 10 tetapi uang saya tinggal 25%. Apa yang harus saya lakukan? Nah yang harus kamu lakukan setelah membuat wishlist adalah membuat prioritas (pada poin satu sudah dijabarkan) kemudian membuat kalkulasi biaya. Kalau bisa uang yang kamu buat untuk membeli barang adalah  maksimal 20% dari total uang yang kamu terima dalam satu bulan. Dengan membuat prioritas maka hal yang harus kamu lakukan adalah membeli prioritas kamu berdasarkan nomor urut kemudian mencocokkan dengan budget. Misalnya budget yang kamu tentukan dalam membeli barang adalah sebesar Rp. 300.000 dan dengan nominal tersebut kamu hanya bisa membeli wishlist dari nomor urut satu hingga nomor urut tiga dari lima wishlist yaudah berarti artinya kamu bisa stop sampai disitu. Lalu kalau dari kelima barang tersebut penting dan harus dibeli saat itu juga, bagaimana? Check nomor selanjutnya ya…

#3 Plan B

Menjawab pertanyaan pada poin kedua. Yang wajib kamu lakukan adalah membeli barang tersebut dari sisa uang operasional kamu dalam bulan tersebut atau kamu berkorban untuk puasa dan menyisihkan budget untuk makan demi kedua barang yang belum terbeli. Bagi sebagian orang mungkin hal ini berat tetapi kalau tidak ada control maka keuangan kamu akan berantakan ladies.

#4 Belanja online

Nah ini merupakan cara saya dalam membuat control keuangan saya. Saya menggunakan belanja secara online agar saya tidak perlu cost tambahan ketika membeli secara langsung. Cost tambahan apa sih? Cost tambahan adalah cost yang kita keluarkan ketika memperjuangkan sesuatu. Ketika ke mall saya harus mengeluarkan biaya bensin, karcis kendaraan, uang makan dan minum dan biaya lainnya. Sekarang banyak sekali online shop terpercaya yang ada di Indonesia, contohnya ya Mapemall.com yang saya demen sih bahkan window shopping doang disitu soalnya banyak bareng-barang branded dengan harga yang lebih murah dari counter plus 100% original, bukan kw bukan tembakan. Jadi udah nggak lagi ragu bahkan galau dong kalau mau belanja online. Selain saya hanya akan membeli barang yang saya butuhkan, saya dapat melakukan pekerjaan yang jauh lebih penting daripada pergi ke mall.

Nah beberapa poin diatas merupakan tips agar kita lebih efektif dan efisien dalam mengeluarkan uang untuk belanja. Selamat mencoba ya!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *