Hobi Otomotif, Selain Menyenangkan Juga Bisa Menguntungkan Lho…

Masih inget nggak jaman sekolah dasar dulu kita sering saling ngisi buku harian teman dengan biodata kita? Mulai dari nama, cita-cita, tempat tanggal lahir, hobi, makanan kesukaan ya semua itu lah. Hehe saya sih masih inget ya. Dan saya juga masih inget banget kalau dulunya saya hampir selalu – atau malah beneran selalu- mencantumkan hobi membaca. Meskipun hobi itu bagi sebagian anak-anak adalah hobi yang tjopoeh but reading could makes me happy since in these age until now, while reading books now is sexy terutama kalau yang dibaca buku-buku serius ya.

Kalau ngobrolin macem-macem hobi orang memang sih nggak ada habisnya, karena sering juga orang punya hobi yang diluar perkiraan kita karena saking uniknya hobi yang dia punya. Mungkin bagi sebagian orang nggak biasa, tapi jangan salah bukan cuma dia doang yang punya hobi kayak gitu, bahkan ada juga komunitasnya. Ya memang sih setiap orang memang punya hobi yang berbeda-beda. Ada yang hanya memanfaatkannya untuk mencari kesenangan, mengurangi sress, untuk ajang kumpul-kumpul, dll. Ngomong-ngomong soal hobi, salah satu jenis hobi yang cukup banyak diminati adalah otomotif.

Tidak hanya sekedar sebagai ajang untuk melepas stres dan senang-senang, sebenarnya hobi juga bisa dimanfaatkan untuk meraup keuntungan. Jadi, sambil menyalurkan hobi, sebenarnya kita bisa mendapatkan pekerjaan sampingan atau mungkin saja bisa menjadi sebuah lapangan pekerjaan baru untuk diri sendiri maupun untuk kerabat dan teman.

Bagi yang punya hobi otomotif, ‘informasi’ merupakan salah satu bagian penting yang enggak boleh disepelekan. Di internet sendiri ada banyak berita-berita menarik seputar teknologi dan otomotif seperti berita otomotif terkini dan terhangat Okezone atau yang lainnya. Menurut saya berita di Okezone cukup lengkap dan up to date sehingga cocok banget dijadikan sebagai tempat nongkrong di dunia maya sekaligus sebagai sumber informasi otomotif nasional maupun internasional.

Ngomongin soal keuntungan, apa aja sih ide-ide yang bisa kita terapkan untuk berbisnis di dunia otomotif? Karena dunia otomotif terus berkembang dan tampaknya memiliki masa depan yang cerah karena hampir semua orang membutuhkan kendaraan untuk beraktivitas setiap hari mulai dari, sebagai alat transportasi, untuk membantu meringankan pekerjaan, dan berbagai manfaat lain yang mungkin belum terbayangkan oleh kita. Seperti kata Presiden Jokowi di berita otomotif terkini dan terhangat Okezone, beliau mengemukakan Indonesia makin kompetitif untuk industri automotif saat meresmikan sebuah pabrik kendaraan. Jadi buat kita yang hobi otomotif yuk kembangin hobi jadi ide bisnis!
Ide bisnis di dunia otomotif

  • Membuka dealer kendaraan. Saat ini, dealer-dealer kendaraan roda dua maupun roda empat tidak hanya beroperasi secara konvensional, melainkan juga sudah mulai beroperasi di dunia online. Kecenderungan orang membeli melalui internet seharusnya bisa menjadi peluang bisnis yang menguntungkan.
  • Di level atas, kita bisa bermain “manufaktur kendaraan” dengan target pasar kecil yang biasanya tidak diambil oleh pemain-pemain besar seperti Toyota, General Motor, Honda, Suzuki, dll.
  • Jika ide bisnis manufaktur kendaraan terlalu besar, kamu bisa mengalihkan fokus pada bisnis “perakitan kendaraan” yang modalnya tentu saja jauh lebih kecil. Tidak hanya kendaraan roda empat, kamu bisa kokmembuka perusahaan perakitan kendaraan roda dua.
  • Membuka toko suku cadang.
  • Cat ulang kendaraan.
  • Layanan perbaikan kendaraan atau service center.
  • Sewa mobil
  • Modifikasi
  • Bisnis cuci mobil
  • Membuka jasa penitipan mobil atau kendaraan roda dua.
  • Membuat website yang khusus mengulas seputar otomotif.
  • Dan lain-lain.

Beberapa ide bisnis yang menyenangkan sekaligus menguntungkan yang bisa kamu coba. Tentu saja selain beberapa ide di atas, ide-ide yang masih berkaitan dengan otomotif seperti membuka ritel gadget kendaraan hingga membangun lahan parkir di kota tempat kamu tinggal adalah ide-ide bisnis otomotif lainnya yang bisa dicoba. Menarik ya? 😀

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *