Review: Surabaya Patata, Kue Oleh-oleh Surabaya by Oki Setiana Dewi dan Ria Ricis

antrian beli Surabaya Patata! Crowded!

Senangnya… sekarang iniย semakin banyak saja jajanan dan kuliner yang bisa dinikmati di Surabaya. Saya sebagai penggemar jajanan mulai dari jajanan gerobak abang-abang hingga jajanan resto dan cafe sih menyambut dengan senang hati. Beberapa hari terakhir saya baru tahu ada instagram @SurabayaPatata yang nantinya akan menjual kue oleh-oleh Surabaya dengan beberapa macam varian kue. Oleh-oleh Surabaya ini menyusul lahir setelah deretan kue oleh-oleh kekinian dibesut artis-artis Indonesia di kota-kota besar atau kota kelahiran mereka yang sedang happening saat ini. Surabaya Patata adalah brand oleh-oleh kue yang digagas oleh Oki Setiana Dewi bersama adiknya Ria Ricis.

Sambutan dari media sosial saya rasa sangat antusias ya, akunnya masih belum lama hadir di instagram tapi sudah punya banyak followers. Tanggal 13 kemarin grand opening dari Surabaya Patata di outletnya yang terletak di tengah kota.

Tentunya penasaran dong seperti apa outletnya, bentuk kue kekiniannya sampai acaranya. Ya gimana nggak penasaran, lha grand openingnya aja belum tapi udah ada akun instagram baru bertebaran yang buka jasa titip untuk kue ini. Lebay? Nggak juga sih ๐Ÿ˜€

Toko oleh-oleh Surabaya yang berlokasi di Jl. Dharmahusada no. 187 Mojo – Gubeng ini terletak pas disebelahnya Hotel Maxone Dharmahusada, biar gampang kalau teman-teman pengin nyobain kue oleh-oleh kekinian ini tapi nggak tahu mesti kemana nyarinya. Outletnya baru buka satu-satunya di alamat yang saya sebutkan diatas untuk saat ini dan kemungkinan nggak buka cabang dalam waktu dekat. ย Nah, nggak berlebihan rasanya banyak yang menawarkan jasa titip untuk beli kue yang satu ini, karena antriannyaaa panjanggg bener. Outlet mulai buka untuk melayani pembeli pukul 10 pagi tapi dari keterangan satpam, banyak yang sudah mulai baris rapi antri pas jam 7 pagi lho! Kebayang nggak ramenya kayak apaan?

Saya datang dong pada saat grand openingnya, janjian bareng beberapa teman yang saya kenal dari blog juga. Sayang, ketinggalan acara gunting pita. Kata salah satu teman yang datang duluan, acara gunting pita karena suatu hal jadi dipercepat sebelum pukul 10. Ada Ria Ricis yang meresmikan outlet melalui acara gunting pita, oh makanya nggak heran sih banyak remaja yang datang ke outlet karena pengin ketemu selebgram yang memiliki banyak followers dan penggemar hasil karyanya ini. Ada kontes #flipbottlechallengebarengricis berhadiah lunch bareng Ria Ricis juga yang nanti dihelat pada tengah hari.

Selain meresmikan outlet Surabaya Patata, khusus hari sabtu itu Ria Ricis juga melayani sendiri para pembeli grand opening Surabaya Patata lho. Tentu dibantu dengan staff dari Surabaya Patata karena pembeli yang datang, kebanyakan para remaja nggak hanya datang untuk beli oleh-oleh Surabaya terbaru ini tapi juga buat ngobrol, berinteraksi dan foto bareng Ria Ricis.

Penasaran sama bagian dalam outlet oleh-oleh Surabaya terbaru ini?

Para staff sibuk banget melayani pembeli yang terus berdatangan dan antrian yang nggak habis-habis hingga di luar outlet, mereka juga sibuk menyiapkan kue sesuai yang dipesan pembeli nih manteman. Nggak cuma sibuk melayani diluar, mereka juga membuka pintu untuk pembeli, mengemas kue dalam kantong plastik berlogo Surabaya Patata dan siap membantu dengan senang hati pembeli yang ingin berfoto di outlet. Baik yang foto bareng Ria Ricis, foto bareng teman di outlet itu bahkan di booth foto yang berada di teras outlet, mereka juga tetap senyum ramah dan helpful lho meskipun pembeli yang datang minta difotoin berkali-kali dengan pose yang nggak beda jauh hihihi ๐Ÿ˜€ Ya maklum lah ciwi-ciwi – termasuk saya gitu maksudnya hahaha.

Di dinding outlet ada layar yang nampilin video-video Ria Ricis pas grand opening ini, besok-besok sih saya nggak tahu deh videonya masih sama atau jadi tayangan acara televisi biasa aja. Sebenernya kepo sih ini videonya soal apaan ya? Ini si Ria Ricis bareng temannya ngobrolin apa ya? Ada kaitannya nggak sih sama oleh-oleh Surabaya? Kepo tapi sayangnya nggak bisa dengar full video karena saking crowdednya pembeli di dalam outlet!

Terus kue Surabaya Patata bentuknya kayak apa sih?

Ini dia:

Jadi Surabaya Patata ada 5 varian manteman, yang adalah: Nutella Patata, Banana Peanut Patata, Black Patata, Greentea Patata dan Cheese Patata. Kalau saya lihat sepintas sih kayak bolu gitu ya, jadi penasaran sama rasa dan teksturnya kayak apa deh. Harga kue mulai dari 65,000 IDR – 68,000 IDR saja kok, masuk hitungan terjangkau untuk ukuran kue oleh-oleh.

Habis keliling foto-foto, saya bareng beberapa teman duduk di tenda terbuka diluar. Eh baru sebentar duduk, mbak-mbak staff dari Surabaya Patata datang bawa kue dengan potongan gede-gede untuk disajikan kepada kami! Yumm! Pucuk dicinta kue pun tiba :p

Yang disajikan di dekat tempat saya duduk ini varian greentea dan nutella. Buru-buru banget deh ini ambil fotonya terus nyomot sepotong karena baru juga difoto satu kali, belum sempat nyari angle bagus pokoknya langsung foto aja soalnya kue udah diserbu yang hadir. Cepat banget dan hampir saya nggak kebagian, makanya fotonya udahan dan buru-buru nyomot satu kue secara acak. Saya dapat yang varian nutella satu potong. Potongannya gede ya ๐Ÿ˜€ Niatnya sih saya pengin ambil satu nutella satu greentea biar sama-sama tahu rasanya tapi selain kue udah langsung ludes diserbu juga tengsin kelihatan maruk *LOL.

Gagal foto potongan kue per varian, ya sudah foto aja kue yang berhasil di raih tangan: nutella patata! Kalau dilihat, di permukaan kue ini ada taburan kacang dan tekstur kuenya terlihat kasar dengan inti nutella yang bakal melted dimulut. Rasanya? Yuk kita cicip!

Seperti yang saya duga sih, ini kayak kue bolu tapi rasa kentangnya dapet banget disetiap gigitan. Memang bahan dasar dari kue oleh-oleh Surabaya ini adalah kentang. Serat dari kuenya juga cukup padat, mirip serat gandung tapi rasa kentangnya kental cuma herannya nggak bikin seret seperti gandum. Sesuai dugaan paduan nutellanya langsung melted di mulut begitu dikunyah. Enak banget! Bagian dasar kue ini lebih keras dan renyah, kalau dirasain di mulut antara lembut berseratnya bolu kentang, kacang, renyahnya dasaran dan meltednya nutella bener-bener bikin lumer hati buat nambah lagi! Beneran lho. Dan yang paling saya suka dari taste Surabaya Patata ini, nggak kemanisan makanya cocok banget di lidah saya yang nggak begitu doyan makanan manis-manis.

Habis acara icip-icip kue, tengah hari acara flip bottle bareng Ria Ricis dimulai. Banyak lho manteman yang ikutan. Saya sih enggak hahahaha, yang ikutan pada masih dedek gemeus juga, tahu dirilah sama umur :p

Acara flip bottle bareng Ria Ricis ini berlangsung seru, baik yang kalah dan menang semuanya heboh. Seneng juga nontonnya karena jadi ikutan semangat. Selamat ya peserta yang menang! ๐Ÿ˜€

Setelah acara flip bottle challenge, Ricis menjawab pertanyaan-pertanyaan dari wartawan dan para blogger terkait dengan oleh-oleh Surabaya kue Surabaya Patata. Ricis menjelaskan bahwa kenapa dia dan sang kakak Oki Setiana Dewi ingin berbisnis di bidang kuliner adalah karena mereka berdua suka makan dan penggemar aneka kuliner. Karenaย itulah memiliki bisnis bidang kuliner digagas karena kecintaan mereka terhadap makanan enak sehingga ingin menjual makanan yang tidak hanya enak tapi juga sehat.

Berbekal keinginan untuk memiliki produk yang enak dan sehat,ย lahirlah Surabaya Patata. Surabaya Patata adalah kue dengan bahan dasar kentang agar lebih sehat dikonsumsi tapi tetap dengan rasa yang enak dan kemasan yang menarik. Patata sendiri berasal dari bahasa Spanyol yang berarti kentang. Ricis berharap Surabaya Patata bisa diterima dan menjadi salah satu kuliner favorit para penyuka makanan enak dan warga Surabaya.

Jadi, semua penasaran sudah terjawab? Saya sih sudah ๐Ÿ˜€

Sebelum pulang, foto-foto dulu kue yang didisplay dan kue beberapa orang teman karena saya sendiri sebagai penggemar die hard keju, memilih sekotak varian cheese patata. Yang belum sempat tahu rasanya varian green tea patata,ย cheese patata dan banana peanut. Untuk black patata sudah sempat cicip sedikit dan saya rasa cocok banget buat yang suka manis, black patata hari itu jadi favorit semua yang hadir di grand opening. Selain penampilannya yang unik, rasanya juga enak. Toppingnya yang hitam pekat kalau menurut lidah saya sih dari remahan oreo.

si cheese patata yang ngikut saya pulang

Rasa cheese patata ini nggak kalah enak, topping keju dengan isi dari campuran fla dan keju yang melted di mulut adalah tetap paduan yang enak khas patata. Cheese Patata ini nggak sempat difoto dari banyak angle berikut perpotongnya soalnya antara laper dan enak udah langsung ludes aja di rumah ๐Ÿ˜€ hahaha.

Baik black patata, cheese patata dan nutella patata yang sempat saya cobain semuanya enak banget dan menurut saya it’s worth every peny lah buat dibeli sebagai oleh-oleh Surabaya. Tapi kalau manteman pengin tahu favorit saya, nutella patata yang jadi juaranya! Pankapan mampir lagi ah, beli! ๐Ÿ˜€

Manteman sudah tahu belum oleh-oleh Surabaya yang baru ini? Cobain deh, nggak akan nyesel kok ๐Ÿ˜‰

 

Alamat outlet Surabaya Patata: ย Jl. Dharmahusada no.187 Mojo-Gubeng Surabaya

Buka mulai: 07.00 – 22.00 WIBย 

Harga: 65,000 – 68,000


Update:

Saya sudah nyobain greentea patata, ternyata ENAK BANGET juga. jadi ditengahnya ada isian coklat yang enak nggak bikin seret dan nggak pelit! Enak deh. Sejauh ini nutella patata dan greentea patata adalah varian favorit saya ๐Ÿ˜€

Related posts

20 Comments

    1. aku penasarannya sama greentea mer, belum nyobain hahaha sama sih jadi pengin beli juga. enakan gojek kali ya ๐Ÿ˜€

  1. Alamat nya bikin bingung waktu diketik digoogle ternyata yg keluar patata Cafe jl. Demak Surabaya. Bikin bored

    1. bisa pesan di jasa titip beli mbak, banyak yang menyediakan di instagram kok. kalau saya nggak jual ๐Ÿ™‚

    1. mohon maaf saya nggak jual mbak hehe… kalau mau banyak yang menyediakan jasa titip beli di instagram ๐Ÿ™‚

    1. Hallo mas, saya nggak jual ini. saya cuma makan dan review aja. Surabaya patata ada outlet kecilnya di bandara pak di terminal 1. bisa mampir sana kalau lewat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *