Review: Es Kopi Susu Kompleks di Aiola Eatery

Sehabis makan di Mie Abang Adek, si adek mengeluh kepedesan dan ngajakin saya beli makanan manis di Aiola Eatery. Saya iyain aja karena kebeneran saya juga lagi penasaran sama rasa kopi susu kompleks disitu.

Beberapa minggu terakhir kan memang kopi susu lagi hits-hitsnya ya, sejak ada kedai kopi susu kecil di Jakarta yang mendadak booming dan antrian abang ojek online yang dititipin pelanggan buat beli kopi susu udah mengular kayak antri tiket kereta buat mudik lebaran.

Saya penggemar kopi susu udah sejak lama banget, sekitar SD gitu gara-gara dibawain tante fresh milk dari peternakan sapi perah dan saya nggak bisa minum karena baunya aja bikin eneg terus direbus lagi sama nenek saya sembari ditambahin kopi bubuk. Tiap ngafe, atau minum dimanapun mostly saya juga pesan kopi susu. Bahkan di rumah juga gitu, kalau nggak kopi susu, kopi item pakai creamer ya kopi item aja. Gitu muter terus. Saya paling suka kopi saya kerasa creamy meskipun nggak suka kopi manis.

Dengan fenomena boomingnya kopi susu kedai kecil, ya jadinya ngaruh juga ke trend kuliner di Surabaya. Hadirnya Kopi Susu Kompleks menurut saya adalah bagian dari itu.

Es Kopi Susu Kompleks bisa dibeli di Aiola Eatery, tempat nongkrong anak muda yang letaknya di gang Jl. Kusuma Bangsa disekitar area yang orang Surabaya sering sebut sebagai SMA Kompleks. Buat beli, cukup datang ke kasir, ambil dan bayar karena gelas-gelas kopi susu kompleks ini letaknya di kulkas dekat kasir.

Harga satuannya 14,000 dan saya beli dua.

Sudah dapet dan bayar, saya mengocok isi gelas yang terdiri dari lapisan kopi dan susu, cantik banget deh kayak yang di cafe-cafe itu.

Gitu minum… hmm… ini sih susu dipakein kopi bukan kopi dikasih susu. Karena rasa susunya dominan dan ada manis yang menurut saya ganggu banget rasa asli kopi itu sendiri.

Ya kecewa sih karena sebelumnya sudah ngarep ngerasain kopi susu kedai kecil tapi rasanya ‘serius’, maksudnya meskipun dicampur sama susu dan gula tapi rasa kopinya tetap dominan dan enak. Dasarnya saya bukan penggemar kopi manis atau minuman kopi apapun yang rasa kopinya justru nggak dapet.

Saya rasa ini cocok banget buat yang suka minuman yang ada kopinya buat pelengkap aja atau suka kopi-kopi yang nggak berat – lebih dominan susunya. Kalau saya sih nggak ‘klik’ sama taste-nya.

Pada gelas kedua, saya nyoba untuk nggak nyampur susu dan kopi dalam satu gelas itu baik dengan cara dikocok atau diaduk. Langsung saya masukin sedotan dan ngarahin ke bagian kopinya. Gitu saya cicip, loh enak ternyata. Kopinya terasa pas banget sebelum kecampur sama susu yang dominan.

Kesimpulan saya, saya bakalan cocok banget sama rasa Es Kopi Susu Kompleks kalau mereka merubah takaran susu dan gulanya jadi less dan kopinya lebih banyak serta dominan. Untuk saat ini, belum cocok 🙂

Suka kopi juga? Kamu paling suka kopi yang gimana dan dimana? Mungkin nanti bakalan saya mampirin 😀

 

Aiola Canteen/Aiola Eatery

Alamat: Jl. Slamet No.16, Ketabang, Genteng, Kota SBY, Jawa Timur 60272

Buka: 09.00 – 24.00

Related posts

4 Comments

  1. Di Aiola Sda ada juga gak ya?

    Cobain kopi susunya Amstirdam di Malang mbak, kopinya dominan tapi kemasannya gak ada sablonan nama kopinya gitu jadi kurang greget 😀

  2. Sampe sekarang kalo ke cafe seringnya beli cokelatnya hihi… Soalnya kalo kopi udah suka torabica yang sacetan udah cukup hahaha… Eh tp kopi cincau station itu enak loh…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *