Baby Walker, Alat Bantu Jalan Bagi Anak Batita dan Melatih Sensorik dan Motorik Pada Anak

 

pic source: pinterest

Jaman sekarang tuh ya fasilitas parenting udah macem-macem banget tekhnologinya. Alat untuk melatih kemampuan anak sejak bayi juga udah macem-macem banget, well thanks untuk banyaknya sebaran artikel-artikel parenting dari media online dan banyak influencer kita jadi bisa lebih siap dan udah bisa bikin rencana parenting bahkan meskipun belum punya anak.

Banyak orang yang semakin sadar saja bahwa tahap tumbuh kembang dalam diri seorang anak, merupakan hal yang indah dan sangat sayang untuk dilewatkan oleh kedua orang tua. Demi menyaksikan itu, nggak sedikit lho para wanita bekerja yang cemerlang di karir mereka justru memutuskan untuk resign dan menjadi ibu rumah tangga agar bisa mendidik anak mereka sendiri.

Berbagai persiapan serta peralatan untuk mendukung tumbuh kembang dalam diri seorang anak, tentunya juga nggak luput dipersiapkan oleh para orang tua dengan sepenuh hati. Salah satu peralatan tumbuh kembang yang memang tidak dapat dilepaskan dalam tumbuh kembang seorang anak, terutama mereka yang berusia batita adalah baby walker. Alat bantu jalan untuk balita ini, memiliki fungsi yang cukup signifikan dalam melatih sensorik dan motorik pada anak, yang akan mulai masuk dalam tahapan belajar untuk berjalan.

Makanya panduan pemilihan alat bantu jalan yang tepat bagi anak, memang sudah seharusnya dikuasai terlebih dahulu oleh para orang tua, agar nantinya mereka bisa memilih dengan tepat ditengah lautan jenis dan brand baby walker yang sudah ada di pasaran. Lagi-lagi jaman sekarang ini apa-apa ada tinggal pilih aja, dulu jaman saya kecil jenis baby walker tuh ya gitu-gitu aja modelnya, terus merk yang biasanya dipakai ya itu-itu aja. Distribusinya juga kurang merata sih apalagi di kota kecil, makanya dulu seingat saya nggak pernah nyoba pakai baby walker ini karena dulu nggak ada yang jual di kota saya. Beda kan sama jaman sekarang yang kalau nggak nemu deket tempat kita tinggal ya simple cukup beli di toko online hehe.

Tapi berhubung nantinya kalau punya anak saya adalah tipe ibu rumah tangga rempong yang bakalan ngurusin anak lebih sering sendiri dan kerja juga di rumah, jadi kayaknya nanti butuh beli baby walker juga biar nggak capek-capek amat megangin kalau anak udah mulai demen latihan jalan. Sebelum itu, kudu tahu juga kan lebih banyak tentang baby walker.

Secara umum alat bantu jalan alias baby walker untuk anak dibagi menjadi 2 model utama yaitu sit in dan model push, dimana kedua model ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Jika model sit in, anak harus berada pada bagian dalam alat bantu jalan dan mengharuskan mereka bergerak dengan menggunakan kekuatan otot pada bagian telapak kaki, sedangkan model push merupakan model dorong, yang mampu membuat kaki anak bergerak secara keseluruhan. Menurut para ahli model push, merupakan model yang banyak direkomendasikan, karena mampu membuat anak mengenal gerakan motorik dan sensorik pada seluruh bagian kaki mereka.

Meskipun lebih direkomendasikan untuk menggunakan model push, namun model sit ini pun dapat tetap digunakan oleh para orang tua karena dapat dengan mudah kamu dapatkan melalui toko online, dengan memperhatikan beberapa catatan penting. Adapun catatan penting yang harus diperhatikan orang tua ketika memilih baby walker dengan model sit in ini, antara lain adalah:

  • Ukuran dari alat bantu jalan anak ini, sesuai dengan ukuran dan berat badan pada anak, agar nantinya tidak membahayakan ketika digunakan.
  • Pastikan tempat duduk alat tersebut sesuai dengan panjang kaki anak, sehingga anak dapat menggunakannya dengan posisi kaki pas diatas lantai, tanpa harus mereka menggunakan ujung-ujung jari untuk menggerakkan alat tersebut, yang nantinya justru akan membawa dampak yang kurang baik.
  • Pilih alat bantu jalan dengan bahan pembuatan berkualitas baik, agar nantinya tahan lama dan tidak membahayakan keselamatan anak ketika menggunakannya.
  • Pilihlah alat tersebut yang memiliki aksesoris ataupun mainan didalamnya sehingga akan lebih menambah kenyamanan anak pada saat menggunakannya.

Bahan tempat duduk dari alat bantu jalan tersebut juga harus kita teliti ya, baik kita berniat beli untuk keperluan sendiri atau beli sebagai hadiah. Pastikan bahwa kita memilih bahan yang sejuk serta mampu menyerap keringat bayi, sehingga tidak menimbulkan kelembaban pada kulit yang nantinya dapat menimbulkan ruam pada kulit. Pastikan bahwa dudukan tersebut juga memiliki tekstur yang empuk serta nyaman untuk digunakan oleh anak, serta memiliki kekuatan yang lebih, sehingga mampu menopang berat badan anak.

Memilih baby walker  sebagai alat bantu dalam mengajarkan anak cara berjalan, dengan teknologi dan kemudahan yang ditawarkan saat ini memang gampang-gampang aja sih. Tinggal tunjuk dan klik aja beres ya kan? Tapi nggak bisa gitu juga dong… keselamatan, kenyamanan dan kesehatan anak tetaplah harus kita utamakan ya. Jadi apapun pilihan alat bantu jalan yang akan kita berikan kepada putra putri Batita kita, pastikan lagi bahwa kita sudah menyesuaikannya dengan kenyamanan dan kesehatan anak. Membersihkan dan mencuci alat bantu jalan secara berkala juga harus kita lakukan, agar nantinya tidak terdapat kuman penyakit, debu ataupun hal lain yang dapat membahayakan bagi kesehatan putra-putri kita.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *