Wajib Tahu Nih, Beberapa Hal yang Menyebabkan Mesin Mobil Cepat Panas

pic source: pinterest

Mobil yang berkualitas dan performanya prima pasti bisa menempuh jarak jauh dengan lancar. Namun hal ini tidak bisa dicapai oleh semua mobil. Karena tak sedikit mobil yang mesinnya lekas panas hingga akhirnya overheat dan tak bisa melanjutkan perjalanan.

Sebenarnya mobil dengan kondisi baik tidak akan mudah mengalami overheat. Beberapa hal berikut ini yang menyebabkan mesin mobil jadi cepat panas dan kinerjanya terganggu, kita perlu tahu loh bahkan meskipun kita nggak sering naik mobil atau nggak bisa nyetir mobil:

Gangguan pada Kipas Radiator

Gangguan pada kipas radiator memang bisa mengakibatkan mobil jadi cepat panas. Karena hal ini turut mempengaruhi sensor switching dalam membaca perintah mobil. Kalau dibiarkan berlarut-larut, kipas akan berputar sangat pelan. Hingga akhirnya temperatur mobil semakin panas dan mencapai kondisi overheat.

Kebocoran Selang Radiator

Baru saja diisi dengan air radiator yang baru, tak lama kemudian air tersebut habis dan membuat mobil overheat. Jika hal ini terjadi pada mobil kita, berarti kita harus segera memeriksa kondisi selang radiator. Kemungkinan besar ada kebocoran pada selang radiator yang menyebabkan air radiator cepat habis. Jika komponen radiator mengalami kerusakan parah, sebaiknya kita segera menggantinya agar tak mempengaruhi performa mobil secara keseluruhan.

Penggunaan Oli yang Kurang Berkualitas

Jangan hanya mempertimbangkan harga oli yang murah ketika akan melakukan penggantian oli. Karena oli yang kurang berkualitas akan membuat mesin mobil lekas panas. Hal ini akan mengakibatkan mobil mengalami overheat sampai mesinnya mati. Selain itu, volume oli pun akan cepat menguap sehingga tak bisa melapisi komponen mesin secara maksimal. Mesin mobil akan terus bergesekan hingga membuat overheat semakin parah.

Kerusakan Thermostat

Thermostat adalah komponen yang berfungsi untuk mengukur temperatur mobil. Jika thermostat rusak, tentu saja perintah penurunan temperatur dan pengaturan kinerja mesin pada mobil jadi terganggu. Bila thermostat sudah diperbaiki, mesin mobil pun jadi tak mudah panas karena ada peringatan dari thermostat tersebut.

Kerusakan mobil akibat gangguan mesin masih bisa diatasi sedini mungkin. Namun untuk urusan kerusakan karena hal-hal tak terduga, kita harus melakukan upaya proteksi dengan asuransi mobil. Kini sudah ada banyak produk asuransi mobil all risk yang bisa kita pilih di Futuready. Karena Futuready adalah broker asuransi online yang punya pilihan asuransi lengkap dan berkualitas. bersama Futuready, melindungi mobil kesayangan jadi makin praktis dan menyenangkan.

Yuk coba window shopping ke Futuready! Karena nggak pernah pilih dan beliĀ asuransi jadi semudah ini šŸ™‚

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *