Ketahui Beragam Jenis Penyakit Diabetes

pic source: pixabay.com

Penyakit diabetes mellitus merupakan penyakit jangka panjang yang disebabkan oleh tingginya kadar gula atau glukosa dalam darah di atas normal. Glukosa sangat penting bagi kesehatan kita karena merupakan sumber energi utama bagi otak maupun sel-sel yang membentuk otot serta jaringan pada tubuh kita. Diabetes juga dapat dikatakan sebagai penyakit yang disebabkan oleh suatu kelainan dari reaksi kimia dalam hal pemanfaatan yang tepat atas karbohidrat, lemak, dan protein dari makanan karena tidak cukupnya pengeluaran atau kurangnya insulin.

Penting bagi kita untuk mengetahui gejala awal pada penyakit diabetes baik bagi yang berisiko tinggi maupun bagi yang merasa sehat dan tidak memiliki riwayat atau potensi mengidap diabetes. Penyakit ini memiliki dua jenis utama, yaitu diabetes tipe 1 dan tipe 2. Diabetes tipe 1 dapat berkembang dengan cepat dalam beberapa minggu, bahkan beberapa hari saja. Sedangkan banyak penderita diabetes tipe 2 yang tidak menyadari bahwa mereka telah mengidap diabetes selama bertahun-tahun karena gejalanya cenderung tidak spesifik. Penyakit diabetes mellitus memiliki tahapan atau fase yaitu:

-Diabetes tipe 1

Penderita diabetes tipe 1 sangat bergantung kepada insulin karena sistem kekebalan tubuh penderita akan menyerang dan menghancurkan sel-sel pankreas yang memproduksi insulin. Diabetes mellitus tipe 1 ini disebut juga dengan diabetes anak-anak. Ciri-cirinya adalah hilangnya sel beta penghasil insulin sehingga terjadi kekurangan insulin pada tubuh. Penyebab terbanyak dari tipe ini kesalahan dari rekasi autoimunitas yang menghancurkan sel beta pankreas.

-Diabetes mellitus tipe 2

Diabetes ini terjadi karena kombinasi dari kecacatan dalam produksi insulin dan resistensi terhadap insulin atau berkurangnya sensitivitas terhadap insulin yang melibatkan reseptor insulin di membran sel. Penyebab yang paling terjadi dari penyakit diabetes ini adalah obesitas yang diketahui sebagai faktor penyebab yang paling banyak mendera pada mereka yang terserang diabetes dan Sekitar 90 persen penderita diabetes di dunia mengidap diabetes tipe ini. Kadar gula dalam darah yang semakin meningkat memang belum dapat dikatakan langsung sebagai gejala dari penyakit diabetes, akan tetapi kadar gula darah yang semakin dijadikan sebagai penyakit dari pra-diabetes. Selain diabetes, penyakit lainnya harus diwaspadai wanita yang bisa dibaca di tips kesehatan wanita terbaru.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *