Pulau Tidung untuk Liburan Akhir Tahun: 4 Tempat Wisata yang Tidak Boleh Kita Skip

pic source: pixabay.com

Pasti kita sudah tahu kan bahwa Jakarta tidak memiliki banyak tempat wisata alam. Jadi hiburan masyarakat yang tinggal di Jakarta berkisar pada wisata belanja, kuliner dan tempat-tempat wisata buatan seperti waterboom, aneka permainan dan aquarium raksasa. Masih ada sih wisata alam yang menarik untuk didatangi seperti beberapa pantai yang masih terjaga kebersihannya.

Jadi kemana warga Jakarta setiap kali mereka ingin quick escape dari rutinitas harian? Nggak sedikit orang yang mengklaim bahwa kebanyakan akan pergi ke daerah yang lebih sejuk seperti Bogor atau Bandung, selain dari jaraknya yang relatif dekat. Tidak jarang paket tour ke Jakarta sering disatukan dengan tempat-tempat wisata dari salah satu atau kedua kota tersebut.

Padahal kalau dilihat lebih cermat, area DKI Jakarta yang luas juga meliputi kepulauan seribu lho. Dan beberapa pulau di kepulauan seribu sudah memiliki fasilitas yang cukup untuk dijadikan tempat wisata. Jadi nggak perlu harus keluar Jakarta dulu untuk melihat air laut berwarna biru bening, menyelam melihat keindahan pesona bawah laut dan menikmati bersihnya pantai dan sekitarnya karena terawat dengan baik.

Salah satu diantara pulau-pulau yang terkenal di kepulauan seribu sebagai tempat quick escape yang nggak perlu biaya mahal bagi warga Jakarta adalah Pulau Tidung. Saya inget banget seorang teman yang suka jalan-jalan lebih sering memilih untuk menghabiskan waktu libur agak panjang atau cutinya di kepulauan seribu. Alasannya simple, biayanya nggak mahal karena nggak perlu biaya pesawat, pemandangannya cakep dan nggak kalah sama tempat wisata hits ditempat lain, yang paling penting foto-foto yang diambil disana semuanya instagrammable jadi bawaannya pengin pajang dan dipamerin.

Dia ngajakin saya kesana juga bareng-bareng dengan beberapa teman lainnya. Menurut teman saya ini, meskipun dia sudah pernah ke Pulau Tidung sebelumnya tapi dia masih pengin balik-balik lagi. Yah saya sih nggak heran karena semenjak balik dari sana dia jadi nggak bisa berhenti cerita gimana kerennya objek wisata disana, asiknya snorkeling bahkan euphoria ketika naik kapal meninggalkan daratan Jakarta yang sempat dia abadikan dalam bentuk foto yang dipamerkan ke timeline media social. Foto bagian atas dari gedung-gedung tinggi yang mulai terbenam di tempat jauh dan isi foto yang didominasi oleh laut.

Secara garis besar berikut ini objek wisatan di Pulau Tidung yang dia rekomendasikan:

#1 Jembatan Cinta

Jembatan Cinta adalah jembatan sepanjang 800 meter yang menghubungkan Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung kecil ini memiliki sebuah urban legend bahwa pasangan yang mengunjungi jembatan ini dipercaya akan langgeng hubungan cintanya. Sementara bagi yang masih single, akan segera bertemu dengan jodohnya jika berkunjung ke Jembatan Cinta. Benar tidaknya mitos tersebut bisa kita kesampingkan. Yang jelas jembatan yang pada lengkungan tengahnya seperti terowongan yang bisa dilewati kapal ini adalah bagian khas dari Pulau Tidung yang kita pasti nyesel kalau nggak mampir.

#2 Pulau Tidung Kecil

Apa yang kita dapatkan setelah berjalan menyeberangi jembatan cinta? Tentu saja daerah di Pulau Tidung Kecil. Tapi apa yang bisa kita saksikan disana?  Terdapat pengembangbiakan tanaman bakau disini dengan tujuan untuk menyeimbangkan ekosistem antara darat dan laut di Pulau Tidung.

#3 Pantai Saung Perawan

Untuk pemburu sunset-sunset indah, jangan lewatkan momentum duduk di Pantai ini ketika sore hari untuk menyaksikan indahnya sunset dengan pemandangan yang indah disekelilingnya.

#4 Taman Laut

Asiknya snorkeling akan dapat kita nikmati disini karena banyaknya jenis ikan-ikan cantik serta terumbu karang yang masih sangat terjaga ekosistem dan kelestariannya.

Tapi karena waktu dia ngajakin itu saya lagi kelewat sibuk, jadi ya saya bilang sama dia kalau saya nggak bisa ikutan. Gara-gara beberapa posting saya sebelumnya yang bilang kalau beberapa kali teman ngajakin traveling tapi sayanya nggak bisa, ada beberapa teman blog yang sampek nanya itu kenapa kok bisa gitu? Pertama karena memang ritme kerja saya beda sama kebanyakan teman-teman saya yang kerjanya di tempat yang beda-beda baik 1 grup beda anak perusahaan, emang bener-bener beda perusahaan, atau pola kerja departemen yang beda.

Kedua, kadang pas lagi nggak sibuk ngurusin kerjaan tapi sayanya sakit/ngerasa kecapekan. Sementara badan saya nggak bisa capek, karena kalau udah ngerasa capek apalagi pola makan jelek, gampang banget sakit kambuhan. Saya juga nggak mau ngerusak acara travelingnya teman sendiri yang kudunya have fun dengan muka bête saya yang suka susah kekontrol kalau badan nggak fit.

Terus kenapa kok saya jadi ngebahas soal Pulau Tidung?

Jadi ceritanya pasca liburan ke Bali bulan lalu berdua bareng suami, dia malah pengen jalan-jalan lagi ke tempat yang pemandangannya bagus tapi nggak jauh-jauh amat biar sesuai budget liburan akhir tahun kami. Iya liburan akhir tahun.

Baca juga: Paket Makan Hemat Enak di Bali, Mungkinkah?

I told him, “kan barusan aja ke Bali”. Tapi dia bilang mau liburan lagi mumpung-mumpung. Mumpung waktunya masih ada buat liburan dan mumpung dia belum lebih sibuk lagi karena mulai tahun depan sampai beberapa tahun kedepan kemungkinan kami nggak bakal sempat jalan-jalan liburan. Soalnya acara jalan-jalan kami lebih tergantung sama jadwalnya dia, karena kalau saya fleksibel aja kapanpun juga bisa.

Jadi ya, saya ngusulin ke dia destinasi Pulau Tidung. Selain tempatnya cakep dan kami sama-sama belum pernah kesana, udah banyak referensi tempat-tempat bagus disana jadi kami nggak usah bingung ngelist tempat buat dikunjungi selama disana. Lagipula pulaunya nggak besar jadi nggak perlu bingung sewa kendaraan roda empat dan nyetirnya gimana selama disana.

Dan lagi, sekalian lewat Jakarta karena saya sudah kepalang rindu. Sekalian say good bye pada hal-hal baik yang saya temui selama tinggal disana karena kemungkinan besar saya nggak bakal balik lagi untuk tinggal di Jakarta.

Ya udah langsung deh saya buka situs andalan untuk traveling semudah belanja online: Traveloka untuk perkiraan budget awal. Milih tanggalnya sengaja banget deket tanggal lahir berdua hehe 😛 Sengaja milih berangkatnya pas hari libur karena saya rasa bakalan banyak pengunjung jadi banyak juga kapal yang menuju kesana. Secara ke pulau lain dengan akses transportasi terbatan jadi nggak bisa kami perlakukan seperti tempo waktu pas ke Bali dengan berangkat hari kerja biar dapet tiket pesawatnya yang murce.

Untuk sampai ke Pulau Tidung tentunya kami harus naik pesawat dulu ke Jakarta, kemudian melanjutkan perjalanan dengan kapal penumpang dari Jakarta menuju Pulau Tidung, Kepulauan Seribu.

Sengaja pakai pilihan flight+hotel ketimbang nyusun flight dan hotel secara terpisah karena lebih murah untuk kebutuhan traveling kami. Secara ya butuh pesawat dan penginapan juga. Diskon hingga 20% bisa kita dapetin dengan pakai fitur paket pesawat hotel  traveloka dan tanpa kode promo apapun lho! Otomatis langsung bisa kita lihat diskonnya kalau pilihan pesawat dan hotel kita sudah dimunculkan. Lumayan lah selisih penghematan karena diskon bisa kita pakai untuk biaya naik kapal pulang pergi, transportasi ke pelabuhan atau bayar airport lounge untuk tempat makan dan istirahat sementara yang proper.

Berdasarkan banyaknya review bagus, saya sih tertarik sama Efany Homestay ini. Biaya yang saya hemat dari menyusun itinerary melalui fitur flight+hotel adalah 11% sesuai yang tercantum. Harga per orang untuk pesawat pulang pergi dan penginapan 1,6 jutaan jadi kalau berdua yah alokasi budgetnya mulai 4 juta lah ya kira-kira udah sama biaya transportasi darat dari bandara ke pelabuhan dan sebaliknya. Diskon 400,000 itu udah lumayan banget sih menurut saya. Nutuplah ya buat transportasi via kapal ke pulau berdua, masih sisa bahkan.

Karena kami memang udah sepakat untuk nggak memakai pembayaran by kartu kredit kalau nggak harus seperti transaksi luar negeri misalnya, jadi bayarnya prefer pakai kartu debit aja.

Senengnya Traveloka juga menyediakan fasilitas pembayaran dengan kartu debit semudah membayar dengan kartu kredit, langsung konfirmasi tanpa perlu isi form konfirmasi pembayaran secara terpisah.

Buat kamu yang prefer pakai cc, ATM, internet banking dan via minimarket juga bisa loh. Tinggal pilih aja cara bayar yang bagi kamu lebih aman, mudah dan nyaman.

Masih mikir-mikir Liburan Akhir Tahun mau kemana? Segera gih browsing review sebanyak-banyaknya, perkirakan budget melalui simulasi di Traveloka dan pesan segera pesawat dan hotel ke destinasi liburan yang kamu mau bareng keluarga tercinta atau teman-teman dekat!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *