10 Alat Dapur Dasar yang Wajib Ada di Rumah

Bagi seorang ibu rumah tangga seperti saya, dapur memang menjadi sebuah tempat yang sangat penting untuk menyajikan berbagai macam hidangan nikmat untuk keluarga. Namun tentunya dapur saja tak cukup, tapi juga harus dilengkapi dengan adanya berbagai macam alat dapur yang berfungsi untuk memasak. Berbagai macam kebutuhan dapur ini membantu kita para wanita untuk menjadi lebih giat dalam memasak setiap harinya, demi memenuhi kebutuhan gizi bagi diri sendiri untuk para single maupun keluarga. Karena sudah pasti sajian yang banyak dijual di pasaran tak semuanya menjamin rasa nikmat dan juga nilai kesehatan, sehingga akan lebih aman jika kita memasak sendiri.
Dari sekian banyak jenis alat dapur yang ada, maka berikut ini beberapa diantaranya yang paling penting untuk dimiliki, yaitu:

#1 Kompor gas
Fungsi alat dapur yang satu ini menempati urutan paling vital, khususnya adalah untuk menghadirkan api yang digunakan untuk memasak. Sebagai wanita yang sering kali perhitungan penghematannya rada njelimet, memang jauh lebih dianjurkan untuk memakai jenis yang satu ini dibandingkan dengan produk kompor listrik. Karena bahan bakar kompor gas tentu jauh lebih hemat dibandingkan dengan menggunakan aliran listrik, apalagi jika kegiatan memasak tak hanya kita lakukan sekali atau dua kali dalam sehari. Bisa-bisa membuat pengeluaran listrik jadi membludak mengagetkan.

#2 Alat untuk menggoreng
Berbicara mengenai sajian makanan yang nikmat, karakter makanan yang digemari orang Indonesia memang tak bisa dilepaskan dari goreng menggoreng. Ada cukup banyak jenis alat penggorengan yang ada di pasaran, mulai dari wajan, spatula hingga teflon, paling tidak miliki semuanya.

#3 Panci
Panci ini umumnya dipakai dalam merebus makanan atau membuat hidangan berkuah, untuk memudahkan dalam memasak, maka hendaknya miliki 3 ukuran, yaitu yang kecil untuk merebus air atau mie, ukuran sedang untuk kebutuhan pembuatan sayur dan yang paling besar. Biasanya ukuran yang dipakai ketika tengah mengadakan acara makan-makan di rumah.

#4 Rice cooker
Karena nasi menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat dalam mencukupi asupan nutrisinya, maka wajib ada alat yang mampu untuk memasaknya. Sekarang ini memasak nasi tak perlu susah-susah dengan cara manual, nggak perlu diaronin dulu atau ditanak beberapa kali karena kita sudah bisa memasaknya cukup dengan memakai rice cooker saja. Tinggal masukkan beras dan air kemudian hidupkan mode memasak.

#5 Pisau dan talenan
Kedua alat dapur ini khusus untuk kebutuhan memotong berbagai macam bahan makanan dan juga dipakai sebagai sarana untuk mengupas bahan makanan. Maka pisau juga wajib ada. Jenis pisau sendiri juga sangat beragam sih mulai dari pisau daging, buah dan juga pisau kupas. Sebisa mungkin kita memiliki semuanya untuk mempermudah keperluan dalam memasak.

#6 Baskom
Alat ini biasanya terbuat dari plastik, namun juga ada yang dibuat dari bahan kaca dan stainless steel. Ukurannya sangat bervariatif, ada yang kecil namun juga ada yang sangat besar. Baskom seringkali digunakan untuk kebutuhan menempatkan berbagai macam bahan makanan sebelum nantinya akan dimasak, untuk mempermudah proses memasak.

#7 Sendok dan juga garpu
Digunakan untuk makan dan fungsinya juga tak kalah penting, penempatannya sebaiknya juga di dapur sehingga nantinya kita bisa secara mudah mengambil hidangan dan alat-alatnya.

#8 Piring dan mangkuk
Bentuk antara piring dengan mangkuk ini berbeda karena memang fungsinya juga beda, piring digunakan untuk menyantap hidangan tanpa kuah, sebaliknya untuk hidangan berkuah maka sebaiknya menggunakan mangkuk sehingga tidak tumpah.

#9 Gelas
Untuk menempatkan berbagai jenis minuman.

#10 Cobek atau blender
Fungsinya adalah untuk menghaluskan bahan makanan, biasanya cobek hanya dipakai dalam pembuatan sambal.

Setidaknya 10 jenis alat dapur tersebut wajib ada di rumah baru kita, sehingga memasak jadi lebih mudah.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *