Harga Kulkas Murah Tidak Hemat Daya? Siapa Bilang, Lakukan 6 Langkah Ini untuk Penghematan Dayanya!

Ada banyak sekali alasan yang membuat masyarakat yang hidup di era teknologi seperti saat ini sangat membutuhkan perangkat elektronik rumah tangga seperti kulkas, mesin cuci dan lain-lain. Berdasarkan timbulnya kebutuhan karena asas manfaat maka tentu saja perangkat tersebut dibutuhkan untuk membantu mempermudah aneka pekerjaan rumah tangga bagi semua keluarga. Pergeseran kebutuhan juga terjadi karena perubahan kebutuhan dan gaya hidup masyarakat yang signifikan. Kebanyakan orang bergerak dengan mobilitas tinggi dan seiring dengan itu kebutuhan mereka dalam mengurus kebutuhan rumah tangga dengan ringkas, praktis dan cepat semakin meningkat.

Dahulu kulkas masih merupakan barang tersier atau barang mewah yang baru dibutuhkan jika perekonomian keluarga mencapai suatu tingkat tertentu. Namun saat ini kulkas sudah menjadi kebutuhan sekunder  yang setiap rumah merasa perlu untuk membeli dan memilikinya minimal satu buah. Kulkas dibeli dan dimiliki untuk menjaga kesegaran bahan makanan, membuat makanan sisa tak mudah basi, sampai dengan mendinginkan berbagai jenis produk minuman. Dengan harga kulkas yang murah setiap orang sudah bisa merasakan manfaat tersebut sebagai kebutuhan sehari-hari yang memudahkan keperluan perdapuran, kulkas sudah tidak lagi menjadi barang mewah yang hanya ada di dalam rumah keluarga menengan keatas..

Sarana elektronik rumah tangga yang satu ini bisa dengan mudah didapatkan di pasaran dalam berbagai macam seri berbeda, mulai dari yang satu pintu, sampai dengan dua pintu yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan kita. Banyak pastinya diantara kita yang juga agak kebingungan dalam menjatuhkan pilihan jika hendak membeli kulkas baru karena varian dan keunggulan teknologi yang begitu banyak memunculkan pilihan. Namun untuk membuat beberapa skala prioritas untuk hal ini, dahulukan fitur hemat daya pada kulkas dan harga kulkas tersebut tentunya juga harus sesuai dengan kondisi budget atau keuangan keluarga.

Dua hal tersebut, yakni fitur hemat daya dan sesuai dengan anggaran rumah tangga adalah bagian penting yang wajib menjadi faktor pertimbangan utama ketika kita akan membeli kulkas baru. Lalu bagaimana jika seandainya kulkas yang kita pakai tersebut sesuai budget karena harganya murah, namun sebaliknya beban listrik yang dikenakan terbilang cukup besar sehingga mengakibatkan biaya pemakaian listrik rumah kita membengkak. Untuk menghindari situasi yang tidak diinginkan ini, maka dibawah ini beberapa tips dalam mengefisienkan pemakaian daya listrik pada kulkas yang bisa diantaranya adalah:

  1. Tempatkan di ruangan yang sejuk atau tidak terkena sinar matahari. Sama halnya dengan sebuah mobil yang membutuhkan energi lebih untuk didinginkan ketika sudah panas terkena sinar matahari, maka kulkas juga demikian, semakin mudah panas maka memerlukan energi atau beban ekstra untuk membuatnya tetap dingin kembali. Untuk itu jauh lebih baik menempatkan di ruangan yang tepat, diantaranya adalah ruangan yang sejuk tidak terkena sinar matahari langsung.
  2. Jangan sering-sering membuka tutup kulkas tersebut. Ketika dalam kondisi membuka maka artinya kulkas akan mengeluarkan energi tambahan untuk mendinginkan ruangan didalamnya. Ini terjadi karena lampu akan menyala secara otomatis dan juga ruangan semakin melebar, begitu juga sebaliknya. Untuk mencegah banyaknya energi yang terbuang maka ada baiknya kita minimalkan buka tutup kulkas sehingga beban listrik tak kian membengkak.
  3. Gunakan suhu ideal ketika menyalakan kulkas tersebut. Bagian yang nyatanya juga tak kalah penting adalah pengaturan suhu dari kulkas ini, sebaiknya jangan mengatur suhu kulkas terlalu rendah. Selain nantinya bahan makanan akan mudah membeku dan membentuk kristal es juga akan membuat konsumsi dayanya kian besar.
  4. Hindari memasukkan makanan atau minuman panas secara langsung kedalam kulkas tersebut. Tunggu sampai suhunya normal sebelum nantinya kita masukkan kedalam lemari pendingin, hal ini juga bermanfaat untuk menghemat beban daya, karena tidak terlalu tinggi jumlah yang disedot.
  5. Isi sesuai dengan kapasitasnya. Jangan memaksakan masuk terlalu banyak bahan makanan melebihi kapasitas yang ada, karena akan semakin memperberat kinerja dari kulkas itu sendiri. Cukup menyesuaikan dengan yang sudah ditentukan, karena ukuran kulkas berbeda ini memang di desain untuk kapasitas atau kebutuhan yang berbeda-beda.
  6. Lakukan pembersihan secara teratur. Memang kedengarannya sepele, namun sangat penting untuk mengoptimalkan suhu pendinginnya, sehingga kulkas tidak bekerja terlalu keras untuk menurunkan suhu dalamnya.

Bagaimana? Nggak sulit kan untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari kita? Jadi bisa disimpulkan dong kalau nggak masalah sebenarnya membeli harga kulkas murah meskipun karena itu daya kulkas cenderung tinggi, karena 6 langkah tersebut diatas bisa membantu kita meminimalkan penggunaan daya kulkas ini. Sehubungan dengan bagaimana menjaga kondisi kulkas agar awet dan masa pakainya lama?  Tentu tergantung preferensi brand masing-masing dari kita. Kita bisa pilah-pilih produk lemari es ini dari merk yang berkualitas agar kulkas lebih awet dan dapat dipakai dalam waktu yang relatif lama.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *