Langkah Pertama untuk Menangani Luka Lecet

Kulit yang mengelupas karena terjadi gesekan pada permukaan yang kasar merupakan salah satu penyebab dari munculnya luka lecet. Meskipun memang luka tersebut cukup ringan tetapi tetap saja memerlukan perawatan yang tepat.

Banyak hal yang dikhawatirkan ketika luka tidak segera ditangani, misalnya saja infeksi. Untuk perlindungan luka dan kesehatan luka bisa Anda cek selengkapnya melalui link https://www.id.hansaplast.co.id/majalah/kesehatan-dan-perlindungan/pengetahuan-membalut-luka di internet. Penggunaan hansaplast sendiri sangat membantu sekali untuk pertolongan pertama pada luka.

Jika dilihat dari wujudnya, luka terbagi menjadi beberapa jenis yang tentu perawatan pertama yang dibutuhkan juga berbeda. Mulai dari jenis luka sayatan, luka robekan, luka tusukan sampai dengan luka yang telah terkelupas. Nah, untuk langkah pertama yang tepat menangani masing-masing jenis luka yaitu:

  1. Bersihkan terlebih dahulu segala bentuk kotoran dari luka tersebut dengan menggunakan air yang mengalir atau antiseptic sampai bersih tanpa ada kotoran yang menempel.
  2. Pertama bisa oleskan antibiotic terlebih dahulu untuk membuat luka tetap lembab dan bisa mencegah adanya infeksi lalu bisa menyembuhkan luka lebih cepat.
  3. Untuk melindunginya dan menyembuhkan luka lecet tersebut Anda perlu menggunakan kasa steril yang lembut lalu dibantu menggunakan plester Hansaplast.
  4. Hindarkan dari sinar matahari untuk mencegah beberapa dampak buruk dari luka tersebut sehingga lebih susah disembuhkan.
  5. Jika memang dengan perawatan diatas kondisi luka masih berdarah dan terus keluar ada baiknya untuk segera periksakan ke dokter ahli.
  6. Bila ada memar ataupun bengkak bisa Anda kompres terlebih dahulu menggunakan es, hindari penggunaan salep kecuali memang dianjurkan oleh dokter Anda.

Diatas merupakan beberapa langkah pertolongan pertama pada kulit yang terluka secara tepat. Meskipun terlihat sangat sederhana tetapi tetap ada saja orang yang salah dalam melakukan perawatan. Hal ini tentu disebabkan karena kurang paham atau informasi mengenai perawatan luka pada kulit. Nah, makanya jangan panik untuk merawat luka yang ada pada bagian tubuh Anda. Jika memang luka hanya berukuran kecil, Anda bisa bersihkan lalu gunakan Hansaplast yang sudah mengandung antiseptic sehingga mempercepat penyembuhan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *