Selain Penyakit, Inilah Kondisi Tubuh yang Buat Haid Tidak Lancar

 

Ada banyak faktor yang menyebabkan haid tidak lancar dan salah satunya adalah kondisi tubuh. Tidak hanya kondisi tubuh apakah seseorang tersebut memiliki penyakit atau tidak namun juga kondisi fisik seseorang. Pertama adalah karena tubuh yang terlalu kurus. 

Terkadang haid tidak lancar disebabkan karena tubuh yang terlalu kurus karena hormon estrogen yang terlalu sedikit sehingga kurang mampu untuk membentuk sel telur di ovarium dan fungsinya kurang maksimal.

Kedua adalah kelebihan berat badan atau obesitas. Seseorang yang mengalami obesitas tidak hanya akan memiliki ketidakseimbangan hormon estrogen yang berfungsi untuk memproduksi sel telur namun juga hormon tiroid. Bagian kelenjar tiroid akan mengalami gangguan karena hipotiroidisme. Menstruasi menjadi tidak lancar tidak hanya disebabkan karena kondisi fisik seseorang atau penyakit namun bisa juga karena hal lain.

Stres adalah faktor terbesar yang mempengaruhi kondisi tubuh seseorang. Orang yang mengalami stress tidak hanya akan membuat menstruasi tidak lancar dan teratur namun juga menyebabkan sistem kekebalan tubuh menjadi menurun sehingga membuat tubuh mudah terserang penyakit. Kondisi seseorang yang stress terutama orang yang stress berat akan sangat mempengaruhi produksi estrogen dan progesteron dan akibatnya wanita bisa mengalami menstruasi lebih cepat bahkan tidak sama sekali beberapa bulan.

Kondisi tubuh lainnya dan faktor lain yang menjadi penyebab haid tidak lancar dan mengalami kram perut selain penyakit adalah:

  • Orang yang kelelahan akan membuat sistem kekebalan tubuh menjadi menurun dan membuat hormon estrogen menjadi tidak seimbang sehingga siklus haid menjadi tidak lancar dan sistem reproduksi yang terganggu.
  • Haid di usia yang masih muda. Umumnya wanita akan mendapatkan haid pertama pada usia 12-15 tahun. Namun saat ini banyak anak yang mengalami haid sebelum usia 12 tahun. Hal ini disebabkan karena tubuh harus menyesuaikan diri dengan kerja hormon yang terjadi di bagian dalam tubuhnya.
  • Kebiasaan mengkonsumsi alkohol secara berlebihan.
  • Diet yang tidak sehat misalnya terlalu ketat sehingga tubuh kekurangan nutrisi.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *