Menu Ikan Asam Manis dengan Rasa Segar yang Menggugah Selera

Menu ikan asam manis perlu dicoba bagi yang menyukai olahan ikan. Olahan ikan dengan rasa asam manis ini sangat menyegarkan sekali cocok disantap bersama dengan keluarga di pagi ataupun siang hari. Untuk membuat ikan memiliki rasa asam manis, kamu bisa membuat menu asam padeh namun dengan rasa manis segar tidak hanya asam.

Resep Ikan Tuna Kuah Asam Padeh

Ikan yang bisa kamu olah menjadi asam padeh ini adalah tuna, gurame, nila, dan ikan lainnya yang memiliki duri besar atau duri sedikit. Namun pada kesempatan kali ini akan menggunakan ikan tuna sebagai bahan dasarnya. Jika selama ini ikan tuna dijadikan sebagai ikan goreng tepung dengan saus asam manis, kamu kini bisa mengolahnya dengan resep ikan asam manis kuah asam padeh. Resep ikan tuna asam manis dengan kuah asam padeh ini pun sangat mudah sehingga bisa dilakukan oleh kamu yang baru belajar memasak sekalipun. Yang berbeda adalah olahan kali ini rasanya akan cenderung asam bercampur dengan rasa manis, sedangkan ikan padeh pada umumnya memiliki rasa lebih ke asam. Kamu harus menyiapkan bahan terlebih dahulu berupa ikan tuna yang sudah di fillet, kemudian potong dadu dengan ukuran sedang.

Cara Pembuatan Ikan Asam Padeh Tuna

Bagi kamu yang sudah penasaran bagaimana membuat ikan asam padeh dari bahan dasar tuna, simak caranya berikut ini:

  1. Siapkan bumbu

Bahan dan bumbu yang harus disiapkan sama dengan asam padeh pada umumnya yaitu belimbing wuluh 1 buah, tomat setengah buah, bawang merah 6 buah, 3 siung bawang putih, 2 butir kemiri sangrai, ketumbar bubuk secukupnya, 2 buah cabai merah, 3 lembar daun salam, 1 batang sereh, 2 cm jahe dan lengkuas. Untuk membuatnya menjadi asam manis kamu juga harus menyiapkan satu botol saus tomat berukuran sedang dan juga gula pasir 4 sendok makan.

  1. Cara Pembuatan

Sisihkan batang sereh, daun salam, tomat, dan belimbing wuluh. Setelah itu kamu bisa menghaluskan semua bumbu lainnya sampai benar-benar halus. Setelah itu tumis semua bumbu di minyak panas dengan api sedang, tunggu sampai bumbu berubah menjadi harum. Potong tomat dan belimbing wuluh menjadi bagian yang lebih kecil.

Masukkan sereh, daun salam, tomat, dan belimbing wuluh ke bumbu yang sudah ditumis. Setelah itu masukkan ikan tuna yang sudah di fillet sampai setengah matang. Barulah masukkan gula, garam, penyedap rasa, dan saus tomat. Setelah itu tambahkan air secukupnya, tunggu sampai mendidih, dan daging ikan matang.

Kamu tidak boleh membolak balikkan daging ikan atau terlalu lama mengaduk-aduk olahan ikan asam manis tersebut karena dikhawatirkan daging ikan tuna menjadi hancur. Karena sudah menggunakan saus tomat untuk jumlah belimbing wuluh dan tomat lebih sedikit dibandingkan dengan resep asam padeh biasa, supaya rasanya tidak terlalu asam.

Kegagalan yang Sering Terjadi

Tidak semua olahan yang kamu masak seperti apa yang kamu harapkan, karena trial dan error menjadi hal yang wajar dalam memasak. Meski begitu kamu bisa menghindari error saat memasak olahan ini dari kegagalan yang dialami orang lain. Kegagalan yang sering terjadi adalah fillet ikan. Kesalahan fillet ikan ini menyebabkan ketika dimasak daging ikan menjadi hancur. Selain itu tumislah menggunakan peralatan masak anti lengket supaya daging ikan tidak lengket dengan peralatan memasak tersebut. Jika lengket akan menyebabkan tekstur daging menjadi tidak cantik lagi.

Demikianlah cara membuat ikan asam manis tuna dengan kuah asam padeh yang segar, manis, dan menggugah selera, selamat mencoba!.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *