Sudah Pesan Tiket KAI ke Cirebon? Berikut Wisata kuliner yang Dapat Kamu Jadikan Referensi

Menikmati liburan bersama keluarga memang merupakan hal yang paling menyenangkan, apalagi dengan berlibur bersama nantinya anda bisa lebih dekat bersama keluarga. Di indonesia sendiri banyak sekali destinasi tempat wisata yang tentunya dapat anda kunjungi bersama keluarga. Mulai dari pulau jawa, Sumatra, sampai dengan Kalimantan cukup banyak tempat yang bisa anda kunjungi.

Khususnya salah satu kota yang ada di bagian ujung jawa barta ini, yaitu kota Cirebon. Meskipun cukup jarang orang yang berlibur ke kota santri tersebut, namun nyatanya Cirebon menyimpan banyak sekali destinasi wisata, serta wisata kuliner yang tentunya bisa anda nikmati di kota tersebut. Nah, untuk anda yang sudah mendapatkan promo tiket kereta untuk berliburan ke cirebon, sebaiknya perhatikan beberapa referensi kuliner yang dapat di coba.

Empal gentong

Nah, kalo ingat makanan yang satu ini tentu yang akan kamu ingat adalah kota Cirebon. Ya betul sekali, empal gentong merupakan salah satu makanan khas Cirebon pertama yang wajib anda coba ketika berkunjung ke kota tersebut. salah satu jenis makanan enak ini memiliki aroma yang sangat nikmat, apalagi cara memasaknya yang masih sangat tradisional yaitu dengan menggunakan kayu bakar dan juga gentong dari tanah liat, tentunya semakin menambah nikmat rasa dari empal gentong tersebut. empal gentong memiliki isian babat, daging, usus, limpa dan juga paru, kemudian di siram dengan kuah kuning yang sangat khas.  Lebih enak lagi jika disantap dengan sate daging.

Nasi jamblang

Makanan atau kuliner lainnya yang wajib anda coba adalah nasi jamblang.  Jika anda berniat mengunjungi kota Cirebon, tentunya jangan pernah lupa untuk mengunjungi salah satu makanan khas Cirebon yang satu ini. Nasi jamblang sebenarnya hampir sama dengan jenis nasi lainnya, namun yang emmbuatnya berbeda adalah menggunakan pembungkus daun jati, sehingga aroma nasi nya sangat nikmat. Selain itu banyak sekali pilihan lauk yang bisa dicoba, seperti tahu sayur, ikan, sate kentang, pepes ayam, paru goreng dan masih sangat banyak lagi lauk lainnya yang bisa dicoba.

Docang

Mendengar namanya saja rasanya sudah sangat unik bukan. Ya, docang adalah salah satu jenis makanan yang cukup popular di kota Cirebon. Meskipun namanya hampir sama dengan jenis kuliner di kota bogor, yaitu doclang. Namun kuliner ini memiliki khas dari rasa gurih dan juga segar dari rempah- rempahan. Yang menjadi makanan ini terasa berbeda adalah dengan sambal khas docang, dan juga tempe bungkil yang disatukan dalam piring. Sehingga rasanya menjadi perpaduan yang sangat unik dan juga terasa lezat.

Mi koclok

Untuk anda penggemar mie, tentunya jangan pernah melewatkan makanan yang satu ini ketika berkunjung ke kota Cirebon. Mi koclok merupakan salah satu kuliner khas Cirebon yang memang cukup sering diburu wisatawan ketika mampir ke kota Cirebon. Makanan yang satu ini terdiri dari irisan rebusan telor, tauge, bawang daun, mie, dan juga ayam yang disuwir. Kemudian disiran dengan kuah putih yang kental. Biasanya jenis makanan yang satu ini memang selalu ada saat sore hari.

Nah, itu dia kuliner wajib yang harus anda coba ketika melancong ke kota Cirebon. Banyaknya kuliner nusantara tentunya akan semakin banyak menambah referensi makanan indonesia.

Related posts

1 Comment

  1. aku baru nyoba empal gentong doang , meski deket…cirebon tuh sekedar tempat lewat.

    anyway blog ini pageviewnya ruami ya Nin, dan aku sepertinya suka 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *