Resep: Asem-asem Daging Bumbu Kuning Pedas Rendah Kalori

Halo! Idul Adha pada masak apa?

Karena lumayan banyak daging sapi di rumah dan daging sapi termasuk lama proses masaknya, jadi masak satu menu aja deh buat di rumah. Biasanya saya masak makanan yang beda untuk saya dan suami karena makanan yang disuka beda dan tujuannya beda. Kali ini menunya sama karena kami sama-sama suka asem-asem daging pedas. Paling tinggal nambah rebusan sayur aja buat saya. Untuk yang sedang program weight-loss atau diet penurunan berat badan maupun yang berkomitmen untuk makan makanan yang lebih sehat, ini cocok banget! Cocok juga sebagai menu yang lagi program diet ketogenik maupun diet real food.

Rendah kalori karena pakai minyaknya terbatas hanya untuk menumis, proteinnya dapet banget untuk memenuhi kebutuhan protein harian kita dan yang pasti rasa super enak dan segar. Mau ditemenin nasi hangat, kentang atau tanpa nasi pun boleh aja. Bikinnya nggak lama dan gampang, bisa ditinggal-tinggal selama proses masaknya asalkan timer ON ya…

Asem-asem Daging Bumbu Kuning Pedas Rendah Kalori

untuk 6 porsi (-+ 309 kalori per porsi), kalau ditambah nasi per 100 gram nasi kalorinya 129 silakan dihitung takarannya sesuai kebutuhan

Bahan-bahan:

Daging sapi 500 gram, potong-potong dadu, rebus 15 menit, buang air rebusannya

Asam jawa 50 gram, masukkan ke air dingin dipanci baru direbus agar sarinya dapat maksimal keluar. Saring, ambil airnya

Cabe rawit 10-15 buah, buang tangkainya

Daun bawang sesuai selera

Minyak kelapa 1 sdm untuk menumis (minyak goreng juga tidak masalah, saya lebih suka minyak kelapa karena lebih wangi dan lebih sehat dibanding minyak goreng biasa)

Kaldu jamur 1 sdm

Daun jeruk 2 helai

Garam sesuai selera (untuk masakan berkuah saya lebih suka masak tanpa garam/sedikit aja, garam baru dimasukkan ketika menu sudah siap saji di mangkuk dan hendak disantap agar tidak keasinan ketika kuah menguap karena dipanaskan)

Bumbu halus:

Bawang putih 8 siung

Bawang merah 6 siung

Kemiri 2 butir

Kunyit 2 ruas

Cabe rawit 50 gram/sesuai selera tingkat kepedasan

Cara membuat:

  1. Panaskan minyak kelapa dengan api kecil di panci, setelah panas masukkan bumbu halus dan daun jeruk, tumis 20 detik
  2. Masukkan daging sapi rebus dan tumis sebentar bersama bumbu halus kira-kira 5 menit agar bumbu merasuk ke daging. Tidak perlu tambahan minyak dalam proses ini, daging akan mengeluarkan air dan minyak sehingga proses memasak terus dapat dilakukan tanpa gosong.
  3. Masukkan air asam jawa sesuai selera tingkat keasaman. Saya biasanya pakai semua air hasil rebusannya.
  4. Tambahkan air dan kaldu jamur, tutup panci dan rebus dengan api kecil selama kurang lebih 30-45 menit atau hingga daging empuk dan bumbu meresap
  5. Tambahkan cabai utuh dan daun bawang di 7-10 menit terakhir masa rebusan
  6. Siap disajikan di mangkuk, cicipi dan tambahkan garam jika dirasa kurang asin sebelum disantap. Cara ini cukup ampuh untuk menakar pemakaian garam secukupnya agar tidak over. Jangan lupa pakai garam secukupnya aja ya, kalau dirasa kurang tambah sedikit lagi boleh.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *