Resep: Siomay Daging Homemade

img_7797

Lagi musim ujan gini bawaannya jadi pengin makan atau ngemil mulu, padahal kalau musim hujan jadinya jarang ada abang-abang jualan makanan lewat depan rumah. Atau kalau lewat eh sayanya yang malas keluar rumah hehe.

Ceritanya pengin ngemil yang enak, nggak berat, nggak bikin merasa bersalah-bersalah banget karena kalorinya gede tapi gampang dibikin. Lagi pengin siomay nih kayaknya. Buka kulkas kok masih ada daging sisa Idul Adha kemarin, jadi ya sudah itu aja yang dijadiin bahan.

Siomay daging anyone?

Bahan-bahan:

Kulit pangsit lembaran

Daging sapi sesuai selera

Merica

Garam

Gula setengah sendok teh

Bawang putih

Bawang merah

Wortel

Tepung kanji

Tepung Terigu

Daun bawang (jika suka)

Air

Cara membuat:

  1. Daging sapi iris kecil-kecil, lumuri dengan air garam campur merica
  2. Tiriskan, kemudian tumbuk atau giling menggunakan food processor
  3. Parut atau iris kecil-kecil wortel
  4. Haluskan bawang putih dan bawang merah. Komposisi bawang putih lebih banyak dari bawang merah ya. Jumlahnya sesuai kebutuhan karena saya nggak pernah ngitung kalau masak, direka-reka sesuai banyaknya daging yang mau dimasak saja
  5. Campur gilingan daging dengan dengan tepung kanji, sedikit saja tepung terigu, irisan daun bawang jika suka, gula, bawang merah bawang putih yang sudah dihaluskan
  6. Aduk semuanya hingga rata, jika kurang basah tambahkan sedikit air sampai adonannya terasa cukup untuk dibentuk
  7. Sebenarnya wortel bisa kita perlakukan sesuai selera, ada yang digunakan untuk topping siomay bagian atas ada yang dicampurkan langsung. Kalau saya lebih suka dicampur langsung karena suami nggak terlalu suka kalau rasa wortelnya wortel banget jadi harus dicampur
  8. Bentuk bulat-bulat
  9. Ambil kulit pangsit dan masukkan adonan ketengah-tengahnya, bungkus dengan kulit pangsit sampai adonan habis
  10. Kukus kira-kira 30 menit
  11. Siomay daging hangat siap dihidangkan dengan saus

Bagi yang suka siomay goreng, ini digoreng juga enak kok. Cuma kalau dikukus selain lebih sehat, kalorinya juga jadi lebih sedikit 😉 Biar lebih hangat, misal pengin yang berkuah gampang, masak kuah sup saja sebagai teman siomay ini. Simple dan enak banget.

Ada yang suka siomay juga? 🙂

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *