5 Tips Booking Hotel Mudah Ala Backpacker

 

trvll

Tahun 2017 nih! Apa yang kamu sudah lakukan di awal tahun ini?

Banyak dari teman-teman saya yang sudah duluan menandai tanggal-tanggal libur nan strategis buat cuti dari kantornya masing-masing. Kamu begitu juga?

Traveling memang menyenangkan sih, melihat hal-hal baru dan pengalaman yang pastinya beda tapi yang bikin kepikiran sesudahnya itu malah biaya, bill yang tertagih dan seterusnya. Ya seneng sih pas traveling dengan fasilitas yang full dan keren, kelarnya itu yang males.

Makanya kebanyakan temen-temen saya yang demen traveling lebih suka bepergian ala backpacker biar lebih hemat dan nggak bikin nangisin uang tabungan yang kekuras habis pas pulangnya.

Backpacking atau wisata beransel (membawa ransel) memang udah jadi tren bagi para pecinta traveling, nggak terkecuali juga di Indonesia. Wisata jenis ini diklaim dapat menghemat biaya perjalanan dan akomodasi, tanpa mengurangi kepuasan berjalan-jalan di tempat favorit dan merasakan kearifan lokal seperti budaya dan makanan khasnya.

Baca juga Review: Bebek Kuali Kota Batu

Ciri khas dari para backpaker ini biasaya adalah ransel besar yang selalu berada di punggung. Ransel cenderung besar untuk memuat barang-barang yang mereka perlukan dan tentu mudah dibawa dibandingkan dengan koper. Ransel mendukung mobilitas mereka yang tinggi, yang ke mana-mana sering ditempuh hanya dengan berjalan kaki.

Inilah makanya, jadi ada istilah liburan ala koper dan ala ransel kayak yang ada di acara salah satu stasiun tv swasta itu loh. Liburan ala koper identik dengan suasana berkelas, bergaya dan mahal. Sedangkan liburan ala ransel identik dengan liburan ekonomis yang terjangkau dan minim fasilitas mewah.

Para backpacker biasanya memang pandai mengatur liburan yang terjangkau tanpa menghabiskan banyak uang. Agar mendapatkan harga yang murah, para backpacker ini biasanya sudah membeli tiket pesawat dan memesan hotel dari jauh-jauh hari. Pilihan tempat menginapnya juga disesuaikan dengan budget yang mereka miliki.

Banyak dari mereka yang memilih untuk tinggal di hotel dekat dengan pusat penjualan makanan dan fasilitas publik agar mudah mendapatkan makanan dan menggunakan fasilitas umum yang ada. Selain kedua hal di atas, mereka juga sering memilih penginapan yang dekat dengan tempat-tempat yang akan mereka kunjungi agar bisa dijangkau dengan berjalan kaki.

Kalau mau traveling biasanya ada dua hal yang paling diperhatikan yaitu: transportasi dan penginapan. Nah kita bahas salah satunya aja, penginapan. Gimana sih booking hotel gampang ala backpacker untuk mendapatkan harga terbaik plus nyaman?

#1 Gunakan Aplikasi atau Website Perjalanan

 

3Source: youtube.com

Seiring dengan perkembangan teknologi seperti sekarang ini, semua hal dapat dilakukan dengan mudah, termasuk pemesanan hotel. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi atau website perjalanan dari Traveloka untuk bisa memesan hotel dengan mudah.

Buka aplikasi atau website Traveloka langsung dari ponsel pintar kamu. Lalu langsung deh cari hotel-hotel dengan penawaran yang menarik dengan mudah.

#2 Pilih Hotel dengan Lokasi Strategis

4

Source: Traveloka Press

Acara cari-cari hotel murah biasanya dilakukan setelah pemesanan tiket selesai dilakukan. Memilih hotel yang sesuai memang membutuhkan waktu sedikit lebih lama sih dibandingkan dengan membeli tiket pesawat.

Pilih dehhotel yang tidak jauh dari lokasi-lokasi yang akan kamu kunjungi nantinya. Lebih baik lagi kalau kamu bisa mendapatkan hotel yang juga deket dengan orang-orang yang berjualan makanan agar memudahkan kamu kalau sewaktu-waktu lapar.

Selain dua hal itu, hotel yang dipilih juga harus dekat dengan fasilitas publik yang lain juga dong seperti stasiun, terminal, bandara, rumah sakit, kantor polisi dan lainnya biar nggak usah mengeluarkan banyak biaya transportasi.

Lokasi yang strategis ini  juga akan sangat memudahkan kamu dalam berwisata.

#3 Cek Review lalu Pesan

1Source: press.traveloka.com

Setelah menemukan hotel yang sesuai dengan kriteria, selanjutnya kamu wajib membaca review atau ulasan dari hotel tersebut. Apakah servis yang diberikan memuaskan atau malah nggak sama sekali.

Sayang kan kalau nantinya kamu malah kecewa dengan pelayanan hotel yang diberikan ketika menginap di sana. Lebih baik cari tahu dulu informasi dari orang-orang yang udah ngerasain nginep disana biar nggak merasa ketipu dan buang uang dengan percuma nanti.

Tapi kalau hotel tersebut banyak dapet ulasan positif dari pengunjung, nggak usah ragu lagi, segera pesan sebelum penuh.

#4 Isi Data Diri Secara Lengkap

22Source: Traveloka Press

Setelah memesan hotel yang kamu pengin, pastinya dong kamu wajib mengisi data diri secara lengkap. Ini diperlukan untuk verifikasi data ketika kamu tiba di hotel nantinya.

Sebelum melanjutkan ke langkah selanjutnya, pastikan data diri terisi dengan benar sesuai dengan kartu identitas yang kamu punya. Cek kembali setiap data yang sudah dimasukkan. Jika terjadi kesalahan, kamu juga kan nanti yang akan merasa dirugikan karena sudah bayar tapi nggak bisa menempati hotel yang kamu pesen sendiri.

#3 Lakukan Pembayaran

Setelah semua langkah di atas telah selesai dilakukan, langkah terakhir adalah membayar biaya sewa hotel yang telah kamu pesan. Tentu dong kamu bisa pilih sendiri metode pembayaran sesuai dengan yang kamu butuhkan.

Pembayaran ini sebaiknya segera dilakukan sebelum batas waktu yang ditentukan habis atau kamu harus mengulang lagi pemesanan dari awal.

Setelah proses pemesanan hotel dan pembayaran selesai, kemudian kamu akan mendapatkan voucer hotel yang dikirimkan lewat email yang kamu cantumkan dalam kelengkapan data.

Tambahan tips kalau kamu beneran pengin melakukan backpacking, sebaiknya ajak teman-teman kamu yang lain juga deh. Dengan melakukan perjalanan beramai-ramai, biaya yang ditanggung untuk sewa hotel atau penginapan tentu juga akan jauh terasa lebih ringan. Lebih seru juga kan jalan-jalan rame-rame, lebih banyak senengnya dan meminimalisir resiko seperti kehilangan, tersesat dan kejahatan. Ya nggak? Apalagi kalau cicip-cicip kuliner setempat, nggak seru dong kalau makan cuma sendiri.

Baca juga Review: Mie Baraccung Surabaya Barat

Sebelum berangkat nanti, selalu periksa kembali ransel kamu ya… Pastikan semua barang-barang yang diperlukan sudah tertata rapi di dalam ransel. Jangan kelewat banyak membawa barang yang nggak urgent diperluin banget.

Nah, mudah kan? Siapkan ranselmu sekarang dan mulailah rancang acara liburan ala backpackermu 😉

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *