Radang Tenggorokan yang Mengganggu

Kemarin ketika sedang berada di kampung halaman, si adek sengaja membelikan adik sepupu yang masih SD batagor buat dimakan bersama-sama. Namun ketika dia memakan batagor tersebut, tenggorokannya sakit. Rupanya adik saya memiliki masalah radang tenggorokan beberapa waktu yang lalu jadi tidak diperbolehkan memakan makanan pedas salah satunya. Tante panik karena masa penyembuhan yang kemarin lumayan lama dan akibatnya setiap makanan yang dimakan harus makanan yang sehat dan tidak memicu terjadinya radang tenggorokan lagi.

Dia yang sebagai anak rantau dari kuliah sudah terbiasa untuk mengobati sakit atau recovery secara sendiri. Karena kebiasaan makan pedas dan juga sering lupa minum air putih makanya dia kemudian menanyakan kepada tante saya bagaimana cara mengobati radang tenggorokan yang efektif.

Berikut merupakan cara mengobati radang tenggorokan berdasarkan saran tante kami,
Banyak istirahat
Ketika mengalami radang tenggorokan sebaiknya memperbanyak istirahat untuk meningkatkan daya tahan tubuh recovery

Jika suaranya serak seperti kodok dianjurkan untuk mengurangi bicara. Dengan mengurangi intensitas berbicara maka dapat mengurangi rasa sakit saat mengalami radang tenggorokan.
Minum sesuatu yang hangat

Radang tenggorokan dan batuk merupakan masalah yang hampir sama. Untuk dapat mengurangi dampaknya, minumlah sesuatu yang hangat dan melegakan tenggorokan seperti jahe hangat, teh hangat, soup ayam hangat, dll.
Minum banyak air. Dengan minum air minimal delapan gelas per hari, maka tenggorokan akan lega karena sesuatu yang mengganjal di tenggorokan akan luntur mengikuti air.
Hindari rokok atau lingkungan penuh asap

Radang tenggorokan bisa terjadi karena beberapa hal namun ada baiknya kamu menghindari rokok atau asap yang dapat mengganggu kesehatan serta mempengaruhi kesehatan sistem pencernaanmu.
Hindari makan gorengan 

Entah mengapa gorengan itu sangat mempengaruhi masalah radang tenggorokan karena minyak berlebihan memang membuat tenggorokan menjadi tidak enak dan akhirnya menjadi radang tenggorokan.
Minum minuman asam

Ketika mengalami radar tenggorokan salah satu cara yang saya lakukan untuk mengobati radang tenggorokan adalah dengan meminum perasan air lemon atau air jeruk. Dengan meminum minuman tersebut, tenggorokan menjadi segar dan dapat mengurangi sakitnya radang tenggorokan.
Makan bubur

Ketika mengalami sakit radang tenggorokan, makanlah makanan yang mudah dicerna. Salah satu makanan yang ringan dan ramah pada keadaan seperti tersebut adalah bubur karena tekstur yang lembur membuat mulut tidak perlu melakukan tugas ekstra untuk mengunyah dan menelan.
Nah beberapa tips diatas merupakan cara mengobati radang tenggorokan. Pernah menerapkan salah satu cara diatas?

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *