Review: Segarnya Rasa Sop Ikan Taktakan, Cilegon Banten

Belum lama ini seorang teman yang  berpergian ke Cilegon nanya ke grup, di Cilegon makanan yang famous apa  ya? Saya langsung jawab, “Sop ikan taktakan cobai deh! Enak lho, seger…”

Nurutin saran saya, teman saya itu nyari resto sop ikan taktakan di Cilegon dan menurut dia juga rasanya enak.

Duh ngomong-ngomong udah lama banget pas terakhir kali saya ke Cilegon buat makan sop ikan ini.

Kalau inget-inget foto-foto ini diambil kapan tuh rasanya kangen masa lalu. Hehe.  Padahal balik lagi ke tempat ini for the sake of beautiful memories that worthed a throwback.

Dulu pas masih training, anak baru di dunia kerja… ada satu waktu dimana kami meninjau project  di pelabuhan Cilegon bareng-bareng beberapa kelompok kalau nggak salah dua kelompok gitu deh, yang pastinya ricuh sepanjang jalan nggak bisa diem.

Sampe sana karena masih cupu ya sebenernya cuma sebatas lihat-lihat dan tanya-tanya sih… seneng waktu disana karena training nggak berasa training, lebih mirip study tour atau company visit gitu. Karena berangkat dari Jakartanya pagi banget banyak yang nggak sempet sarapan, habis shubuh kami udah berangkat waktu itu sih terus paling juga pada makan gorengan atau jajanan beli di jalan. Aslinya udah laper banget, nggak nyangka ditawarin sop ikan dan diajakin ke Sop Ikan Taktakan nggak jauh dari pelabuhan. Waktu itu rasa sop ikannya enak dan berkesan banget deh.

Kira-kira sekian minggu sebelum gerek koper ke Surabaya tuh  (gerek koper lagi ke Jakarta setahun kemudian dan pindahan koper balik ke Surabaya lagi 2 tahunan lebih kemudian). Adorable memory. And now we just life our own separated way. Rada sedih gitu.

Waktu saya masih di Jakarta dulu biasanya kalau weekend, Dhifa  – sahabat saya sering nginep ke kosan saya di Jakarta terus kami jalan bareng pas weekend itu sampek usai weekend dia balik lagi ke Cilegon. Dibanding saya, bidang kerjaannya dia emang sering jalan dan makan, makanya tiap dia upload foto lagi di tempat makan mana gitu di medsos jadi pengin nyobain.

Nah tiap kali saya ngomong pengin cobain-pengin cobain tuh dia pasti deh bilang, makanya ayo main ke Cilegon. Iya sih pengin cuma rada susah waktunya mana jauh haha. Sampek akhirnya beberapa bulan sebelum pergi dari Jakarta saya mutusin untuk kudu main ke tempatnya Dhifa, kalau nggak sekarang kapan lagi? Gitu pikir saya. Soalnya saya nggak tahu apa bakalan berkesempatan ke Jakarta lagi atau nggak.

Keputusan itu bikin saya naik bis antar kota ke Cilegon yang bikin sebel karena di tengah jalan supirnya ngerokok dalam bus bikin saya pengin nowel pundaknya pake pentungan kasti tapi takut diturunin di jalan padahal nggak tahu arah -__- pengin mampir di coffee shop rest area tapi suasana dalam bus nggak memungkinkan yang akhirnya saya tahan-tahan aja sampek akhirnya tiba di Cirebon dan dijemput Dhifa.

Habis seharian itu main dan makan – lebih banyak makannya sih di tempat-tempat kuliner yang dia rekomendasikan dan belum pernah saya cicipin, besokannya kami ke Sop Ikan Taktakan deh tapi di cabang yang bukan di pelabuhan kayak pas saya sama dia dulu makan. Jadi baru kali ini juga sih saya ke tempat ini, rada ketengah kota cabang yang ini.

Kesan saya gitu sampek, tempatnya enak, adem padahal lagi panas cuacanya. Tempat parkirnya luas banget cukup buat banyak mobil, untungnya pas kami datang masih kesisa buat parkir mobil soalnya ternyata udah rada penuh. Tempat makannya terbagi jadi duua tempat, ada yang semi outdoor dengan lesehan setengah terbuka kayak foto diatas, ada yang ngadem di dalam.

Kami sih milih yang diluar ini aja, dapet angin adem-adem gituu 😉 ngomong-ngomong beneran udah laper banget deh, kami sibuk melototin menu.

 

Pilihan nggak jauh-jauh, jatuhnya ke sop ikan lagi, sop ikan lagi. Sop ikannya berhasil ngangenin deh.

Ini rasanya asem seger pedes *sambil makan cabenya*, masih enak kayak yang dulu. Sebenernya kami juga pesen menu tambahan lain kayak sayur kangkung dan lainnya cuma ya gitu saking kelaperannya nggak fotoin semua. Gitu sampek makan dan udah abis aja :p

Udah pernah nyoba Sop Ikan Taktakan? Kalau belum, saya rekomendasikan tempat makan ini kalau kamu sedang berkunjung ke Cilegon Banten 🙂

Related posts

2 Comments

  1. Wah dilihat dari foto aja udah bikin ngiler ini kak, tempatnya enak lagi nyaman seperti saung-saung begitu. Tapi kok ada setengah porsi juga ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *