Pentingnya Mengetahui Macam-macam Antibiotik dan Golongannya

Pasti deh sebagian besar dari kita pernah denger soal antibiotik. Terutama yang pernah sakit dan dianjurkan untuk mengkonsumsi antibiotik ketika berobat. Namun meskipun sudah sering mengkonsumsinya kita mungkin tidak benar-benar tahu apa itu antibiotik dan mengapa kita harus mengkonsumsinya agar segera sembuh dari sakit kita.

Meskipun sering disebut dalam kehidupan sehari-hari oleh masyarakat terutama dalam perbincangan topik kesehatan, tidak sedikit orang yang tidak tahu bahwa sebenarnya antibiotik tidak hanya satu obat saja. Antibiotik memiliki jenis yang bermacam-macam dan dari golongan yang berbeda-beda juga.

Emang perlu banget ya tahu tentang antibiotik meskipun kita tidak sedang menempuh pendidikan di bidang kesehatan atau bekerja di bidang sejenis.Penting dong agar wawasan kita lebih terbuka dan menggunakan antibiotik sebagaimana fungsi yang seharusnya dan terhindar dari sembarangan dalam mengkonsumsinya tanpa mempedulikan peraturan konsumsi yang dianjurkan oleh dokter yang merawat kita.

Berikut ini macam-macam antibiotik dan golongannya agar kita lebih aware dalam mengkonsumsinya sesuai kebutuhan:

Sudah tahu belum kalau antibiotik ada bermacam-macam? Ada 11 jenis antibiotik yang bisa dibilang sebagai ‘antibiotik dasar’ dalam dunia medis. Sisanya yang berada diluar ke 11 jenis antibiotik ini adalah antibiotik turunan dari yang sudah tercantum.

Beberapa contoh dari 11 antibiotik yang dimaksud adalah berikut ini: penicillins (nama antibiotik yang pertama kali dikenal luas hingga dahulu kala orang menganggapnya sebagai obat mujarab yang selalu memberikan kesembuhan), selain penicillin ada juga Trimethoprim, Metronidazole dan Tinidazole serta beberapa yang lain.

Meskipun dahulu kala ketika masa awal sesudah penicillin ditemukan dan kerap kali keampuhannya dipuja oleh masyarakat dan dianggap sebagai obat dewa, karena pada masa itu apa saja penyakit yang sedang banyak diderita masyarakat seolah semua bisa disembuhkan oleh antibiotik yang satu ini.

Sementara meskipun pada masa awal penemuannya dipandang bisa mengatasi beragam penyakit, namun nggak semua jenis penyakit lho yang bisa disembuhkan oleh antibiotik. Jadi harus berdasarkan saran dokter setelah konsultasi ya, jangan mengkonsumsi obat sembarangan karena meskipun saat ini tidak berpengaruh negatif apa-apa, kita benar-benar tidak tahu apa yang terjadi dalam tubuh kita selama beberapa tahun ke depan nanti. Ya kan? Khawatir terjadi hal yang tidak dinginkan seperti alergi misalnya karena kondisi hormonal tubuh yang berubah.

Jangan menyisakan antibiotik yang belum sembuh meskipun tubuh kita sudah terasa sangat sehat dan bisa beraktivitas secara semula juga. Antibiotik harus kita konsumsi hingga tablet/kapsul terakhir karena sebenarnya yang paling tahu kasus dan kandungan yang sebenarnya dari kesehatan kita tentu saja dokter yang merawat kita.

Selain itu ada alasan bahwa antibiotik yang dikonsumsi dengan tidak rutin bahkan tidak dihabiskan karena merasa sudah sehat dapat menyebabkan bakteri yang seharusnya mati karena antibiotik justru menjadi kebal dan tidak bisa diatasi dengan antibiotik yang sama lagi di kemudian hari 🙂

Apa sih antibiotik dalam pandangan teman-teman semua

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *