6 Tips Mudik Nyaman Bersama si Kecil

Tak terasa kita sudah memasuki bulan Ramadhan. Itu berarti sebentar lagi kita akan mudik Lebaran bersama keluarga untuk bersilaturahmi dengan saudara dan kerabat dekat. Nah, bagi yang membawa anak kecil di bawah usia 10 tahun, tentu mudik bisa menjadi tantangan tersendiri bagi orang tua, terlebih jika si Kecil belum terbiasa untuk menempuh perjalanan selama berjam-jam. Bisa-bisa ia jadi rewel atau bahkan sakit.

Tidak perlu khawatir karena ada beberapa tips yang bisa membuat si Kecil lebih nyaman selama mudik. Yuk, simak ulasannya berikut ini!
1. Atasi Masalah Mabuk Perjalanan
Masalah yang paling sering terjadi ketika membawa anak untuk berpergian jauh adalah mabuk perjalanan. Oleh sebab itu, sebelum berangkat, sebaiknya beri ia obat anti mabuk mobil seperti Antimo. Selain itu, sediakan juga tempat sampah dan plastik untuk persiapan jika sewaktu-waktu si Kecil muntah dalam perjalanan. Pastikan kantung tersebut dekat dengan kursi si Kecil, ya. Dengan begitu, kamu tidak perlu panik ketika ia ingin muntah dalam mobil.


2. Siapkan Perlengkapan Anak
Jika berencana untuk membawa anak mudik, sebaiknya packing sejak jauh hari, ya. Seperti yang sudah kita ketahui, perlengkapan seperti tisu hingga minyak telon perlu selalu tersedia dalam tasnya. Jangan lupa juga untuk membawa baju anak atau baju bayi ekstra jika sewaktu-waktu basah karena keringat atau tertumpah minuman. Dengan begitu, si Kecil jadi lebih nyaman dan kamu tidak perlu khawatir ia terkena masuk angin selama perjalanan. Kamu bisa membeli berbagai pilihan baju anak keren dengan harga murah di Shopee di sini!
3. Mengenakan Baju yang Nyaman
Selama mudik Lebaran, coba kenakan baju anak atau baju bayi super nyaman pada si Kecil. Hindari baju yang terlalu ketat dan celana jeans. Pakaian tersebut bisa membuat anak jadi kurang nyaman sehingga rewel selama perjalanan. Jika memungkinkan, biarkan si Kecil mengenakan baju tidur kesukaannya. Cara ini bisa membantu anak beristirahat dengan lebih nyaman selama perjalanan mudik.
4. Mampir di Rest Area
Agar lebih cepat sampai ke tujuan, sering kali kita lebih memilih untuk melanjutkan perjalanan tanpa mampir ke rest area. Hal ini sebaiknya tidak dilakukan jika kamu membawa anak Kecil, ya. Beri kesempatan untuk si Kecil ke kamar mandi atau sekadar meluruskan kaki dan melemaskan otot-otot tegang setelah duduk di kursi mobil selama berjam-jam. Saat mampir di rest area, kamu juga bisa mengajak si Kecil jajan camilan di supermarket sehingga ia jadi lebih semangat untuk melanjutkan perjalanan.
5. Bawa Obat-Obat Penting
Ketika melakukan perjalanan selama berjam-jam, si Kecil berisiko jatuh sakit. Itu sebabnya, pastikan kamu telah menyiapkan obat-obatan untuk anak seperti obat demam, plester luka, obat masuk angin, sakit maag, minyak kayu putih, dan juga vitamin untuk menjaga kondisi tubuh si Kecil agar tetap kuat meski kelelahan selama perjalanan mudik. Jika memungkinkan, kamu bisa konsultasikan ke dokter anak dan meminta vitamin yang dapat menjaga imun si Kecil tetap kuat.
6. Siapkan Makanan Pendamping ASI (MPASI)
Perlu diketahui bahwa bayi berusia di bawah 2 tahun masih membutuhkan ASI. Itu sebabnya, jika berencana membawa bayi selama mudik Lebaran, pastikan kamu telah menyiapkan makanan pendamping ASI (MPASI) selama perjalanan mudik. Jangan lupa bawa botol susu, pemanas portable, dan wadah anti bocor agar MPASI tersebut bisa tetap fresh dan mudah disiapkan di dalam kendaraan. Selain itu, siapkan juga popok dan keperluan bayi lainnya agar si Kecil tidak rewel selama perjalanan. Kalau kamu tidak ingin ada barang yang tertinggal, sebaiknya buat list perlengkapan bayi yang harus dibawa sejak jauh-jauh hari, ya.

Ternyata tidak sulit ya, membuat si Kecil tetap nyaman selama mudik Lebaran. Apakah kamu punya tips lainnya? Jangan ragu untuk bagikan pada kolom komentar di bawah ini, ya. Selamat mudik Lebaran, guys!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *