Untung Rugi Sewa Apartemen Bulanan

Sewa apartemen bulanan menjadi solusi lain bagi kita orang perantauan selain tinggal di kamar kost. Terutama orang-orang yang merantau di kota-kota besar, selayaknya Jakarta. Biaya sewa apartemen relatif terjangkau yang mana sudah mendapatkan hunian yang modern. Apalagi fasilitas apartemen lebih lengkap dibandingkan kost-kostan. Namun semuanya pasti memiliki untung dan rugi begitu juga dengan sewa apartemen bulanan ini.

Berikuti ini untung yang didapat ketika anda memutuskan sewa apartemen bulanan adalah :

Fleksibilitas

Sewa apartemen bulanan sangat fleksibel. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sewa banyak selayaknya sewa apartemen tahunan. Apalagi saat pindah, anda tidak khawatir kena denda karena jangka waktu 1 bulan sangat sebentar. Sistem sewa apartemen bulanan sangat cocok untuk anda yang baru mulai bekerja dan orang-orang yang sedang mengerjakan proyek tertentu. Atau bisa juga menjadi pilihan ketika anda ingin mengenal lokasi yang akan anda tepati beberapa waktu mendatang. 

Bisa dibuat tahunan

Maksudnya bisa dibuat tahunan disini adalah sewa apartemen dari bulanan menjadi beberapa tahun, dengan sistem pembayaran setiap bulanan. Sedangkan saat anda sewa apartemen tahunan, maka tidak bisa dirubah hanya beberapa bulanan walaupun anda tidak menyukai lokasi apartemennya. Sebab hal ini akan melanggar perjanjian sewa apartemen awal, dan anda akan terkena denda.

Cocok untuk jangka tinggal pendek

Apartemen bulanan cocok untuk orang-orang yang berkenan untuk tinggal jangka pendek. Sedangkan untuk jangka panjang atau menetap, maka bisa sewa apartemen tahunan. 

Tidak kena denda

Seperti keterangan di atas, sewa apartemen bulanan tidak kena denda. Jadi biarpun sudah 1 bulan, maka anda bisa langsung pindah jika anda tidak menyukai lingkungan sekitar apartemen. Sedangkan sewa tahunan, jika keluar sebelum masa sewa maka anda akan dikenakan denda.

Sedangkan kerugian yang kita dapat saat sewa apartemen bulanan meliputi :

Lebih mahal

Terkadang sewa apartemen lebih mahal dibandingkan sewa apartemen tahunan. Pemilik apartemen mematok harga yang mahal, mengingat anda membutuhkan tempat hunian untuk beberapa saat. Tentunya dana yang dikeluarkan lebih banyak, jadi jangan kaget jika keadaan finansialmu akan terganggu. Anda dapat menyiasatinya dengan sharing apartemen dengan teman, maka harga sewa menjadi lebih murah. Atau anda menyari apartemen-apartemen pinggiran yang biasanya disewakan dengan harga lebih murah. Dan mengurangi biaya-biaya di luar sewa apartemen (biaya tambahan dikurangi).

Harga sewa tidak stabil

Harga sewapun terkadang tidak stabil. Beberapa pemilik apartemen bisa menaikkan harga sewa di bulan berikutnya. Anda sebagai penyewa hanya bisa menurutinya. Berbeda sekali dibandingkan harga sewa apartemen tahunan yang jarang naik. Ataupun jika naik adalah tahun berikutnya. Otomatis kita bisa mempersiapkannya. Jika anda keberatan, pemilik bisa mengusir anda kapan saja karena perjanjian sewa hanya bersifat jangka pendek (bulanan).

Sulit dicari

Tidak semua apartemen disewakan dengan sistem bulanan. Kebanyakan apartemen disewakan secara per tahun oleh pemiliknya. Karena pemilik merasa keamanan finansial dengan sewa apartemen bulanan tidaklah aman. Persoalan ganti penyewa lama menjadi baru membutuhkan proses. Selain itu diperlukan juga iklan apartemen agar apartemen laku disewa. Hal ini menambah biaya bagi si pemilik. Jadi kebanyakan pemilik apartemen jarang menyewakan per bulan. Persoalan perawatan juga menjadi perhatian pemilik. Namun jangan sedih, beberapa daerah masih ada apartemen yang disewakan secara bulanan.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[+] kaskus emoticons nartzco