Wallpaper Dinding dan Kiat Memilih yang Tepat

Dinding biasanya dicat dengan warna yang beragam. Ada yang menggabungkan antara 2 warna bahkan lebih namun ada juga yang hanya 1 warna. Saat ini, selain menggunakan cat dinding, agar dinding seperti dinding rumah menjadi lebih menarik maka dipasanglah wallpaper dinding. Kertas dinding ini merupakan hiasan dinding yang memiliki beragam motif dan warna yang bisa dipilih sesuai dengan selera dan kebutuhan kamu.

Sebelum memasangkan wallpaper pada dinding rumah atau di kantor, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan. Pertama adalah dengan menentukan ruangan. Misalnya di rumah, kamu bisa menentukan mana saja yang akan kamu pasangi wallpaper sehingga ruangan tersebut menjadi terlihat cantik namun tidak menghilangkan fungsi utama dari ruangan tersebut. Contohnya, jika wallpaper tersebut hendak dipasang di bagian kamar tidur, maka kamu bisa memilihnya sesuai dengan yang selera agar kamu tetap nyaman, sedangkan jika digunakan di ruang tamu, pilih jenis wallpaper yang lebih netral atau lebih bermotif ramai.

Kedua adalah mengukur luas dari ruangan tersebut. Luas ruangan akan mempengaruhi berapa ukuran wallpaper yang hendak kamu pasang di dinding ruangan tersebut. Perhatikan juga mengenai kondisi dari ruangan tersebut apakah besar, kecil, memiliki langit-langit ruangan yang tinggi atau tidak. Misalnya untuk ruangan yang luas, ruangan akan terlihat lebih sepi apalagi jika tidak banyak orang atau perabotan yang ada di ruangan tersebut. Kamu bisa menyiasatinya dengan menggunakan jenis wallpaper dengan warna coklat atau biru tua atau yang memiliki warna gelap untuk memberikan kesan lebih hangat.

Tips memilih wallpaper dinding sesuai dengan ukuran dan kondisi ruangannya yaitu:

  • Ruangan sempit pilih jenis wallpaper yang memiliki warna atau motif yang terang sehingga memberikan kesan ruangan terlihat lebih luas dibandingkan aslinya.
  • Ruangan dengan plafon tinggi dan sempit bisa diakali dengan menggunakan wallpaper dengan motif horizontal yang tidak begitu ramai. Atau kamu bisa juga memilih jenis wallpaper dengan warna yang terang dibandingkan dengan cat plafon rumah sehingga rumah tidak terkesan sempit dan terlalu tinggi.
  • Ruangan beratap rendah bisa memilih jenis wallpaper yang bermotif vertikal dan warnanya lebih tua dibandingkan dengan atap rumah.

Ketiga adalah pertimbangkan dengan warna dan motif. Untuk kamu yang ingin menampilkan ruangan dengan konsep klasik modern, kamu bisa memilih jenis wallpaper dengan warna gelap atau coklat. Jika hendak menciptakan kesan yang lebih sejuk, kamu bisa menggunakan warna hijau atau biru muda. Sedangkan jika kamu hendak menggunakan wallpaper yang memiliki motif, pilih jenis wallpaper yang tidak terlalu kontras dengan perabotan.

Keempat adalah sesuaikan dengan budget. Wallpaper dinding memiliki jenis yang beragam dengan kualitas yang berbeda. Semakin bagus kualitasnya maka harganya akan semakin mahal. Sehingga sebelum kamu membeli wallpaper, kamu bisa mencoba untuk survey terlebih dahulu agar mendapatkan jenis wallpaper yang tepat dan sesuai dengan yang kamu inginkan. Jangan lupa untuk mempertimbangkan mengenai keawetan dan cara perawatan dari wallpaper tersebut. Karena kan percuma kalau kamu memilih untuk menggunakan wallpaper yang murah namun cepat rusak sehingga membuat kamu lagi-lagi harus membeli dan mengganti wallpaper yang lama dengan menggunakan wallpaper yang baru.

Setelah mendapatkan wallpaper yang pas, kamu bisa meminta bantuan tukang untuk memasangkannya dengan rapi dan tidak ada noda di dinding. Sehingga dinding rumah terlihat lebih cantik setelah dipasangi dengan wallpaper.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *