Manfaat ASI pada Tubuh Bayi

pic source: pixabay.com

Kita pasti dong udah sering banget tanpa sengaja menemukan konflik antar ibu-ibu yang banyak berserakan disocmed. Selain war antara working mom dan stay at home mom yang cukup panas dan saling bikin gerah pihak-pihak yang terlibat didalamnya ada juga lho team ibu ASI dan team ibu sufor.

Padahal kalau menurut saya sih kenapa harus diributkan, toh masing-masing ibu berhak memutuskan apa yang menurutnya paling baik buat anaknya ya kan? Soal ASI full, setengah full dan setengahnya sufor atau full sufor tentu sudah melalui berbagai pertimbangan. Lagipula seringnya ibu yang memutuskan memerlukan bantuan sufor mengalami kondisi yang sedang tidak memungkinkan untuk menghasilkan air susu sendiri, seperti air susu yang kurang dan sebagainya sementara untuk ibu susu yang sesuai dengan kriteria tertentu dari agama dan si ibu sendiri tentu tidak mudah ditemukan.

Saya sendiri sebagai anak ASI dari ibu yang bekerja sebenarnya dibesarkan dengan pemahaman jaman dulu bahwa meskipun anak minum ASI, dia juga kudu minum susu formula biar badannya terlihat gendut menggemaskan. Karena bayi dan anak kecil itu nggak boleh kurus – katanya. Tapi karena sayanya sendiri yang sejak bayi nggak mau minum sufor padahal udah dicoba kasih sebagai pendamping ASI, tetep aja nolakin terus akhirnya ibu saya full ASI tanpa dampingan sufor.

Karena ibu saya kerja ya setiap jam istirahat, sementara zaman dulu belum ada pompa ASI dan penggunaan kulkas buat menyimpan ASI – yah boro-boro kulkas… listrik aja masih susah dulu di tempat tinggal saya. Makanya beliau selalu menyempatkan pulang dulu untuk menyusui sampai saya udah stop minum ASI.

Lantas mengapa ada himbauan bahwa semua ibu harus mengutamakan ASI eksklusif pada masa awal pertumbuhan anak? Tidak lain karena manfaat ASI yang sangat banyak sehingga diyakini ASI adalah makanan terbaik bagi bayi karena kandungan dan nutrisi dalam ASI mencukupi semua kebutuhan nutrisi serta memuaskan lapar dan dahaga bayi. Nggak hanya itu saja, berikut ini manfaat ASI yang perlu kita tahu agar mengutamakan ASI dibandingkan sumber makanan/minuman lain untuk bayi:

# ASI merupakan sumber nutrisi lengkap. Bagaikan toko serba ada, ASI menyuplai dan menyediakan semua kebutuhan gizi dan nutrisi dalam tubuh seorang bayi. ASI juga memperkuat daya tahan tubuh alami bayi sehingga membantu mencegah gangguan kesehatan pada tubuh bayi seperti infeksi, alergi dan seterusnya.

# Bayi cenderung sering mengalami diare karena belum bisa mengkonsumsi makanan apapun selain yang berbentuk cair atau liquid. Namun berbeda dengan ASI, meskipun bentuknya juga sama-sama cair namun ASI bisa dengan mudah dicerna oleh sistem pencernaan bayi yang masih sangat sensitif dan membantu mencegah diare. ASI juga membantu kinerja sistem pencernaan bayi.

# Bayi yang diberikan ASI biasanya akan memiliki daya tahan tubuh yang kuat dan tidak mudah sakit dibanding bayi yang tidak mengkonsumsi ASI.

Nah setelah membaca 3 manfaat diatas, apa yang kamu pikirkan? Atau mau sharing manfaat ASI yang lainnya?

Ditunggu komentarnya ya 😀

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *