Mode Kemeja Wanita, Dulu dan Sekarang

Kemeja wanita merupakan fashion item yang wajib dimiliki wanita karir. Selain tuntutan pekerjaan untuk selalu tampil formal, produk ini juga dapat melengkapi koleksi busanamu. Fashion item ini dapat ditemukan di toko offline ataupun online.

Flashback: sejarah kemeja sejak masa prasejarah

Kemeja pada awalnya hanya terdiri dari satu warna, yaitu putih. Saat itu barang tersebut merupakan baju para bangsawan. Pada abad ke-17, Bangsawan Eropa mengenakan kemeja putih dihiasi renda di bagian dada dan lengan.

Di awal tahun 1800an, perkembangan produk tersebut mulai muncul, salah satunya kerah berupa bulu. Item ini disebut ruff model, cukup populer pada saat itu. Sayangnya, model tersebut lebih kaku hingga menyulitkan pemakainya bergerak. Akhirnya, 1902 HG Wells membuat model baju berkerah dan dapat dilipat.

Perkembangan kemeja makin pesat dengan kemunculan model baru yang lebih modern. Indonesia mulai mengenalnya pada awal tahun 1918 dari saudagar kaya. Namun, karena model yang awam di mata warga Indonesia, produk itu kurang diminati. Apalagi budaya Indonesia lebih menyukai batik dan kebaya.

Pada awal abad ke-16,  flanel ditemukan dan sering disebut flannelette. Saat itu, petani memakai pakaian hangat dan tebal ini untuk melindungi mereka dari cuaca dingin dan ranting pohon. Sebelumny,a flanel diproduksi secara tradisional. Produk ini terbuat dari benang wol yang digaruk.

Pada abad ke-18 terjadi perubahan dalam industri. Flanel diproduksi massal. Pada abad ke-20, flanel gak hanya diproduksi untuk cuaca dingin, tapi disesuaikan dengan musim yang ada.

Pada tahun 1975, kemeja alisan populer di Indonesia. Ini diproduksi sejak Indonesia punya pabrik garmen pertama di Jakarta. Alisan punya kualitas terbaik, bermotif polos, dan balutan 2 kantung.

Deretan selebgram yang hobi pakai kemeja wanita

Seiring berkembangnya jaman, kemeja  pun semakin trend masa digital. Buktinya, para Selebgram tidak segan memakainya sebagai fesyen item OOTD-nya. Di bawah ini daftar selebgram yang seneng banget pake kemeja:

  • Cindy Karmoko. Cindy mengombinasikan kemeja biru muda sama celana 7/8. Outfit macam ini simple dan cocok banget buat kegiatan aktif.
  • Anaz Siantar. Anaz mengenakan oversized kemeja wanita putih yang dipadukan dengan celana kain navy. Ia juga mengenakan topi pantai dan menggerai rambutnya. Itu membuat tampilannya simple dan menarik perhatian. Cocok banget ini dipake ke konser musik.
  • Sonia Eryka. Sonia pakai kemeja dengan rok hitam. Ia padukan dengan jaket coklat suede dan kaca mata matahari. Ini membuatnya nampak boyish.

Pengrajin kemeja wanita yang sukses meniti bisnisnya

Ada salah satu pengrajin kemeja wanita yang sukses meniti bisnis. Namanya Batik Bu Anik yang dibuat oleh ibu Srianik Puji Murtini, biasa dipanggil Bu Anik. Beliau merupakan salah satu pengrajin yang mengembangkan batik khas daerahnya, Kediri.

Bu Anik mulai membangun Batik Bu Anik pada tahun 2001. Ide tersebut dilatarbelakangi oleh hobi melukis yang dikombinasikan dengan baju. Beliau terus membatik dan telah mengikuti berbagai pelahitan pada tahun 2004. Ia juga terus mengembangkan usahanya dengan memberdayakan warga sekitar.

Batik Bu Anik sendiri memproduksi karyanya di Jalan Kantil NO. 274, Sumberejo, Ngasem, Kediri. Lokasinya sendiri tidak jauh dari monumen terkenal Simpang Lima Gumul. Dapur batik Bu Anik  juga menyediakan pelatihan batik bagi yang ingin belajar.

Produk gak hanya dipasarkan secara offline, tapi juga online. Batik Bu Anik memiliki beberapa sosial media dan juga membuka lapak di marketplace online.

Kemeja wanita yang populer banget di marketplace online

Salah satu produk Bu Anik ada yang populer banget di marketplace online. Namanya Kemeja Wanita Batik Cap Motif Mangga.

Kainnya sendiri merupakan khas asli Kediri. Dibuat langsung dari pengrajin batik lokal. Motifnya berupa rangkaian pohon mangga dengan buahnya. Warnanya didominasi hitam dan tosca. Ada garis-garis emas menghiasi pinggiran buah mangga.

Produk tersebut sendiri bermodel lengan panjang dengan leher berkerah v-neck. Potongan badannya membentuk lekuk pinggul wanita. Tidak heran, item handmade tersebut menjadi favorit di toko online dengan rating pembeli 5/5. Artinya, konsumen puas dengan kualitas produk ini.

Toko online berisi para pengrajin kemeja wanita berkualitas

Penasaran di mana bisa mencari pengrajin pakaian secara online? Kamu perlu tau, ada situs jual beli online untuk kamu akses. Namanya Qlapa. Situs tersebut menghubungkan pengrajin dengan konsumen. Di situs ini hanya pengrajin yang berjualan, tidak ada reseller. Makanya, harganya relatif lebih terjangkau karena tidak melalui rantai pemasaran panjang.

Ada berbagai macam produk kerajinan dijual di sini. Gak Cuma pakaian, tapi juga perabot dan aksesoris. Kalau mau cari produk order by request, pergilah ke situs ini.

Jangan khawatir soal kualitas. Kemeja wanita di Qlapa.com telah melalui proses seleksi sebelum dijual. Sistem pembayarannya pun sangat aman. Uangmu gak langsung sampai ke rekening pengrajin, tapi melalui situs terlebih dahulu. Kalau barang telah dikonfirmasi sampai, baru deh uangnya diteruskan ke pengrajin.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *