Intip Cara Merawat Gamis Katun agar Tetap Awet dan Cantik Saat Dipakai

Tren pakaian muslim wanita kini sedang dalam puncaknya. Memang prospek bisnis pakaian muslim di Indonesia sangatlah bagus, mengingat mayoritas penduduk Indonesia memang beragama islam. Nah, karena tren ini pun bermunculan desainer-desainer baru dari mulai desainer kelas kakap atau professional dan juga desainer independent yang mendesain dan memproduksi produk pakaian muslim wanita sendiri.

Salah satu pakaian muslim wanita yang sedang digandrungi oleh wanita muda dan juga wanita dewasa adalah gamis. Karena gamis merupakan pakaian muslim yang sifatnya menutupi aurat denagn sempurna. Karena banyaknya permintaan untuk gamis, kini gamis pun tersedia dalam berbagai motif, warna, bahan dan juga model sehingga gamis tidak lagi dikategorikan sebagai pakaian orang tua atau wanita tua. Bahkan kini ada gamis khusus balita yang bisa digunakan sebagai sarana belajar anak untuk membiasakan diri menutup auratnya sedari kecil.

Bahan gamis yang umum digunakan adalah bahan katun jepang. Karena bahan premium ini merupakan bahan katun yang lembut, tidak panas alias adem dan juga memiliki berbagai pilihan warna dan motif. Nah, karena bahan gamis ini merupakan bahan premium, pastinya ada tata cara perawatan yang perlu anda ikuti agar gamis yang anda miliki tetap bagus ketika dipakai dan bisa bertahan lama tanpa mengurangi kualitasnya.

Merawat gamis katun jepang sebenarnya tidak sulit ya, untuk mencucinya anda tinggal merendamnya dengan deterjen. Baiknya anda menggunakan deterjen cair yang lembut di pakaian. Pisahkan juga gamis katun dengan pakaian luntur dan juga pakaian yang sangat kotor keadaannya agar gamis anda tidak ikutan kotr juga.

Biasakan mencuci pakaian dengan cara memisahkan warna, apalagi jika warna pakaian anda putih, jangan sampai anda mencampurnya dengan pakaian warna lain. Begitu juga dengan pakaian gamis anda, agar warnanya tetap utuh, cucilah pakaian gamis dengan warna yang sama dengan warna gamisnya.

Rendam pakaian, jangan terlalu lama agar warna dari pakaian anda tidak cepat luntur, setelah itu proses pencucian dengan mesin cuci (jika anda menggunakannya) selama 15 menit saja. Nah jika anda mencucinya dengan menggunakan tangan, cukup dengan remas-remas saja dan tidak perlu disikat jika memang tidak terlalu kotor.

Untuk membersihkan noda yang membandel pada katun jepang berwarna putih atau warna terang, kalian bisa menggunakan air hangat agar noda mudah hilang. Namun untuk katun warna gelap jangan gunakan air hangat karena dapat melunturkan warna.

Bisa juga menambahkan pemutih pakaian khusus untuk katun jepang berwarna putih. Namun perlu diperhatikan apakah ada peringatan penggunaan pemutih karena beberapa jenis kain katun rentan terhadap pemutih pakaian. Jika salah pemakaian, bisa- bisa merusak warna corak kainnya.

Meskipun gamis merupakan pakaian muslim wanita yang cukup panjang, jangan sampai anda menjemurnya dengan cara melipatnya di tali jemuran, jemurlah menggunakan gantungan baju agar bentuknya tetap terjaga. Jemur juga pakaian gamis tersebut dengan posisi bagain dalam berada diluar agar warna kain tetap terjaga.

Kemudian Jika baju gamis sangat kusut, lembabkan baju gamis anda dengan menyemprot rata sedikit uap air sebelum menyetrikanya lalu biarkan selama sepuluh menit. Jika pada label gamis terdapat petunjuk cara menyetrika, perhatikan baik-baik seberapa level panas yang akan dipakai untuk menyetrika. Begitu juga dengan penyimpanannya, jangan lipat baju gamis anda dan disimpan dalam tumpukan baju. Gunakan gantungan baju dan simpan di lemari gantung.

Related posts

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *