Sebelum Ke Tempat Jual Mobil Bekas, Kenali Mobil Bekas Banjir Terlebih Dulu

Saat ingin membeli sebuah mobil memang membutuhkan pertimbangan benar-benar matang, dari mulai masalah kebutuhan hingga keuangan. Hal tersebut harus dilakukan secara hati-hati karena kendaraan ini nantinya akan dipergunakan untuk menunjang mobilitas sehari-hari dengan jangka waktu yang tak ditentukan.

Tak jarang, ada beberapa faktor yang mendorong pembeli untuk menjatuhkan pilihan mobil bekas atau mobil baru. Jika memilih mobil baru, tentu saja terjamin kesehatan mesinnya, namun jika keuangan mendesak, mobil bekas seperti bisa menjadi pilihan terbaik. Terkadang, saat ingin pergi ke tempat jual mobil bekas, kita menjadi ragu, apakah mobil tersebut benar-benar berkualitas?

Pemilihan mobil bekas pun harus dilakukan dengan baik, pengecekan bahkan harus dilakukan dengan menyeluruh, lebih-lebih mobil yang terendam banjir. Mobil yang sudah pernah terendam banjir sangat tidak direkomendasikan bagi Anda yang ingin melakukan pembelian. Agar tidak tertipu saat ke tempat jual mobil bekas, berikut ciri-ciri mobil yang terendam banjir.

Lakukan Pengecekan Lokasi

Untuk daerah yang berada di sekitar Anda, tentu saja Anda sudah paham, mana saja daerah rawan banjir. Anda dapat mengecek STNK mobil untuk melihat alamat si pemilik pertama. Namun hindari hanya perpegang pada hal tersebut saja, karena alamat yang berada pada STNK belum tentu sama dengan lokasi mobil. Anda dapat menanyakan secara langsung pada penjual dari mana asal dari mobil tersebut agar lebih jelas.

Cium Bau Interior Mobil

Mobil bekas banjir memiliki bau yang kurang sedap. Selain itu mobil yang sudah pernah terendam banjir biasanya memiliki bau yang tidak berbeda jauh dengan air banjir seperti bau kurang sedap atau bau apek. Untuk melakukan pengecekan, masuk ke dalam kabin dan hirup aroma yang ebrada di dalamnya. Bila Anda mencium bau yang mencurigakan, seperti bau banjir, lebih baik urungkan niat untuk membeli mobil tersebut. Selain itu jika Anda menemukan bau yang terlalu harum, ini bisa menjadi upaya untuk menetralkan bau bekas banjir.

Cek Bagasi dan Interior Mobil

Pengecekan berikutnya dilakukan dengan pemeriksaan interior. Lakukan pemeriksaan pada jok dan karpet. Mobil yang sudah pernah terendam dalam banjir biasanya mempunyai noda lumpur yang sukar hilang. Bila jok atau karpet sudah diganti serta terlihat baru, tidak ada salahnya menanyakan pada penjual mengapa melakukan penggantian.

Anda juga dapat memeriksa bagasi mobil. Ketika berada di tempat jual mobil bekas, pastikan Anda sudah mengecek semua bagian mobil termasuk bagasi. Anda dapat mengecek karpet dan melihat tempat untuk menyimpan ban cadangan. Bila terdapat noda bekas banjir, dan bau yang kurang sedap, bisa jadi mobil tersebut bekas banjir.

Embun Kaca Mobil

Embun yang berada di bagian kaca mobil juga tidak boleh luput dari perhatian. Jika kaca berembun namun kondisi kaca masih bagus, bisa jadi mobil sudah pernah terendam banjir. Bukan hanya melakukan pengecekan kaca, rumah lampu di mobil juga harus diperhatikan dengan baik karena dibuat dari bahan yang mirip dengan kaca, sehingga bisa terendam pasti meninggalkan embun.

Membeli kendaraan second di tempat jual mobil bekas memang tidak mudah. Apalagi jika kita harus melakukan pengecekan secara mendetail. Sebenarnya, jika ingin mendapatkan kualitas mobil bekas yang prima, Auto2000 bisa menjadi pilihan. Cek Auto2000.co.id untuk lebih lengkapnya. Di sini, Anda bisa memperoleh mobil bekas dengan harga menarik beserta dengan promo-promo lainnya.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *