5 Langkah Mudah Memulai Bisnis Jasa Interior

Bisnis desain jasa interior kini mengalami perkembangan yang cukup pesat dibidang properti. Namun, ada banyak sekali hal yang harus dipertimbangkan saat ingin memulai jasa bisnis tersebut. Nah, penasaran dengan apa saja yang harus disiapkan sebelum mulai membuka bisnis jasa interior desain tersebut? Berikut ini adalah ulasannya.

  1. Kembangkan rencana serta ide bisnis anda dengan baik

Langkah awal yang bisa anda lakukan adalah menuangkan ide bisnis di selembar kertas, rancanglah bisnis seperti apa yang ingin anda buat. Selain itu, tentukan juga peranmu, apakah sebagai perancang atau konsultan, atau bahkan keduanya. Tanyakan kepada diri anda sendiri, keterampilan mana yang lebih dominan anda miliki.

  1. Lakukan Analisa Pasar dan investasi

Di tahap ini, anda harus mampu mengenali pesaing anda, kenali desain – desain nya seperti apa dan tawarkan kepada pasar bentuk desain yang berbeda atau unik dengan gaya yang anda miliki dengan biaya yang kompetitif. Tulislah semua daftar peralatan yang diperlukan dan layanan serta modal untuk memulai bisnis tersebut.

Modal yang diperlukan dalam memulai bisnis ini adalah alat – alat untuk interior desain seperti komputer yang dilengkapi dengan peralatan – peralatan desain , kantor dan elemen – elemen desain lainnya. Biaya untuk mendapatkan modal atau melakukan investasi sangatlah bervariasi, untuk beberapa alat yang tidak sering digunakan, maka disarankan untuk menyewanya saja.

  1. Siapkan Portofolio

Portofolio memiliki peranan yang sangat penting dalam dunia jasa interior. Melalui portofolio, klien bisa tau bagaimana hasil kerja kita yang sesungguhnya, maka dari itu, jika anda ingin memulai bisnis ini, siapkan portofolio yang bisa menarik perhatian klien tersebut.

Portofolio bisa berbentuk foto hasil dekorasi rumah yang anda kerjakan, entah itu foto klien, ataupun foto dekorasi rumah anda. Usahakan ambil foto dengan baik, anda bisa menggunakan kamera HP ataupun kamera DSLR profesional supaya hasilnya maksimal. Foto yang bagus bisa menarik perhatian klien anda. Jadi peluang mereka untuk memesan jasa interior desain ke Anda menjadi terbuka lebar.

  1. Jalin Hubungan Baik Dengan Supplier

Dalam bisnis jasa interior, tentu anda membutuhkan supplier demi kelancaran bisnis anda. kunjungilah beberapa supplier yang menyediakan keperluan untuk desain interior seperti wallpaper, karpet, lantai dan furniture. Dengan melakukan hubungan baik bersama supplier, bukan tidak mungkin lagi kamu akan sering mendapatkan diskon.

  1. Pasarkan Bisnis ke Masyarakat

Pemasaran adalah hal terpenting dalam dunia bisnis. Tanpa pemasaran yang tepat, maka bisnis jasa interior anda tidak akan dikenal oleh masyarakat, namun dengan pemasaran yang bagus, maka bisnis anda akan dengan mudah dikenal oleh masyarakat, dengan begitu peluang bisnis anda untuk laris di pasaran menjadi terbuka lebar.

Itulah lima langkah yang harus anda terapkan untuk memulai bisnis jasa interior. Sudahkah anda menerapkan hal tersebut? Jika belum, segera terapkan ya! Semoga Sukses!

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *