Resep Rawon Tanpa Santan Gurih dan Nikmat

Siapa tak mengenal satu menu masakan tradisional berupa rawon? Rasa dari kaldu atau santan ditambah empuknya daging sapi tentu saja mampu memanjakan lidah kita. Menu rawon ternyata mampu memberi banyak inspirasi terutama bagi ibu rumah tangga yang ingin memberi masakan spesial pada anggota keluarga. Resep rawon daging bisa didapatkan dari mana saja, akan tetapi kali ini akan kita ulas secara lengkap.

Menu rawon tanpa santan tentu terbilang unik karena selama ini banyak jenis rawon dibuat memakai santan. Menu hidangan rawon semakin mantap jika kita menambahkan Royco rasa kaldu sapi dimana mampu menambah cita rasa rawon tanpa santan. Langsung saja kita ulas secara lengkap mengenai resep rawon dengan rasa gurih dan pasti nikmat.

Bahan Utama

Daging sapi 1kg.

Daun salam 2 lembar.

Daun jeruk nipis 3 lembar.

Minyak goreng secukupnya.

Serai 4 batang di geprek.

Air bersih 700ml.

Bumbu Halus

Bawang putih 6 siung.

Kunyit 1 batang.

Bawang merah 12siung.

Cabai merah 1,5 ons.

Garam secukupnya.

Ketumbar bubuk 1,2 sendok teh.

Langkah Membuat Rawon Tanpa Santan

Kita bisa melakukan langkah pertama yakni membersihkan daging sapi yang sudah dipotong kecil-kecil dengan air mengalir. Usahakan dari potongan daging berukuran sekecil mungkin untuk mempercepat proses pematangan. Setelah bersih rebuslah daging tersebut menggunakan air bersih lalu tunggu sampai empuk.

Jika sudah empuk tiriskan, namun dari air rebusan pertama jangan dibuang karena akan dipakai kembali. Tumis bumbu halus hingga wangi kemudian tambahkan bumbu lainnya berupa daun salam, serai, daun jeruk, dan Royco rasa kaldu sapi satu sachet. Aduk sampai merata kemudian masukkan air rebusan daging secukupnya sampai semua bumbu tercampur rata. Jika sudah mendidih masukkan daging sapi lalu tunggu kurang lebih 20 menit untuk meresapkan semua bumbu serta mengurangi kadar air di dalam rawon.

Rawon tanpa santan siap disajikan bersama nasi putih hangat beserta lauk telor asin, kerupuk udang, ataupun sambal terasi. Rawon tanpa santan sangat mudah dibuat, jadi Kita bisa memulai membuat menu rawon untuk anggota keluarga.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *